PPTP – VPN MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

PPTP - VPN MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

PPTP – VPN MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Point to Point Tunnel Protocol (PPTP)

Salah satu service yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan VPN adalah Point to Point Tunnel Protocol (PPTP). Sebuah koneksi PPTP terdiri dari Server dan Client.
Mikrotik RouterOS bisa difungsikan baik sebagai server maupun client atau bahkan diaktifkan keduanya bersama dalam satu mesin yang sama. Feature ini sudah termasuk dalam package PPP sehingga anda perlu cek di menu system package apakah paket tersebut sudah ada di router atau belum. Fungsi PPTP Client juga sudah ada di hampir semua OS, sehingga kita bisa menggunakan Laptop/PC sebagai PPTP Client.

Biasanya PPTP ini digunakan untuk jaringan yang sudah melewati multi hop router (Routed Network). Jika anda ingin menggunakan PPTP pastikan di Router anda tidak ada rule yang melakukan blocking terhadap protocol TCP 1723 dan IP Protocol 47/GRE karena service PPTP menggunakan protokol tersebut.

Tips :
1. Jalur VPN akan stabil dan lebih mudah dalam konfigurasi apabila sisi server memiliki jalur internet dedicated dan memiliki IP Publik static.
2. Transfer file antar site akan mengikuti bandwidth terkecil dari kedua site, jadi pastikan bandwidth upload dan download di kedua sisi site mencukupi.
3. Untuk perangkat client yang menggunakan OS Windows 7, by default hanya bisa terkoneksi apabila di sisi server mengaktifkan encryption.

______________________________________
Artikel terkait:

Pemilihan Tipe VPN
https://mikrotik.id/artikel_lihat.php?id=61

Konfigurasi VPN PPTP pada Mikrotik
https://mikrotik.id/artikel_lihat.php?id=43
______________________________________

Video yang lain:

VPN MIKROTIK – INTRODUCTIONS [ENG SUB]
https://youtu.be/2H9lpXgzCg4

SSTP – VPN MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]
https://youtu.be/gRz5lHFsUm8

______________________________________
Pembelian perangkat bisa melalui:
https://mikrotik.id

Pertanyaan mengenai detail teknis bisa diajukan melalui Menu Layanan pada https://mikrotik.id

#VPN #PPTP #Citraweb #Mikrotik #VPNMikrotik #CitrawebSolusiTeknologi #CST
PPTP – VPN MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]



PPTP – VPN MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Related posts

40 Thoughts to “PPTP – VPN MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

  1. pak boleh tanya apakah informasi tentang pelatihan sertifikat MTCNA yang akan di adakan di KOTA AMBON itu benar nggh pak dan sertifikat nya resmi dari MIKROTIK????

  2. apakah kita dapat menentukan jalur vpn?
    contoh: menghubungkan vpn kantor A ke B (sama2 mikrotik), tapi jalur nya harus melewati kantor pusat yang menggunakan fortigate.
    Terima kasih

  3. Minta masukan untuk Spesifikasi mikrotik untuk pptp server dg 50an client kantor. Terima kasih

  4. Min request cara analisis qos nya dong, berdasarkan throughput, delay, jitter, packet loss buat perbandingan manajemen bandwidth yg lebih baik. Soalnya rumusnya masih simpang siur.. terimakasih

  5. Apakah network 2 router yg akan di konfig PPTP harus sama?

  6. Koneksi pptp apa harus punya ip public statis?

  7. Kalau gk punya ip publik apa bisa praktek pptp

  8. jika untuk akses mobile client apa kah perlu seting routes di server nya? ( menit 17:20 )

  9. Min ada openvpn vpn site to site tunnel?

  10. Perbedaan protocol pptp sama protocol ipsec apa ya broo??

  11. Request configurasi forwarding pada load balance karna ketika saya menggunkan load balance ip public saya tidak bisa berjalan, jadi solusi agar ip public bisa di akses saya harus mendisable salah satu isp, mohon untuk dibuatkan tutorialnya

  12. Gan Tolong Buat Tutorial Cara Membuat Port Fordwarding VPN Remote , Terima kasih

  13. kalau uda langganan pptp vpn server indonesia terus mau disetting ke mikrotik supaya internet kita nanti ipny berubah jd ip dr sever pptpny gmn tutorialny? buat dipake bypass website2 yg diblokir indihome gt

  14. Aad

    Pak, saya set up seperti ini.. lalu di client mobile ataupun laptop saya yg konek pake VPN server saya.. speed internetnya jd down gitu, cuma 1-2mbps. Kalau lepas vpn balik lagi ke 50mbps.. mohon solusinya

  15. halo mikrotik, kantor a (pptp server) dan b (pptp client) sudah terkoneksi dengan pptp. bagaimana caranya agar akses internet dari kantor b, melewati pptp vpn dan melewati gw kantor a?

  16. Mau nanya Langkah dan yang diperlukan apa saja ya?
    cara koneksi dari kantor a (server) ke b(client) bagaimana ya soalnya saya sudah konfigurasi tapi tidak ada flake R(running)nya?dmna letak kesalahannya

  17. mas maaf mau tanya,kalo ip publk nya beda network bisa gak?

  18. Klu ISP nya indiehome, dimana ip public nya yang dinamic, bisa kah digunakan pak???? Tks…..

  19. if isp blocked vpn with error 800 message, how to solve ?

  20. Pak saya ingin bertanya untuk mendapatkan 10.0.0.1 & 10.0.0.2 itu gmn caranya? apa kita yang menentukan sendiri itu IP nya? apa dari awal IP tersebut sudah ada ? jadi kita tinggal memberikan IP 10.0.0.1?

  21. maaf bagaiman kalo saya mau forward port server saya dalam kondisi mikrotik terseting 2 isp dengan metode load balancing

  22. Ini menggunakan 2 router atau 1?

  23. tanya : misal saya mau menghubungkan 4 router (4 lokasi berbeda,..1 isp dedicated )untuk pptp apa versi router OSnya harus sama? misal beda,..apa bisa running?? thnx

  24. sangat bermanfaat , mas kalo kita mau cek koneksi jaringan kantor b, dengan ip kantor lan b di komputer kantor a, bagaimana caranya ya, mksdnya mau cek jaringan internet lan kantor b ke stabilannya , misal jaringan kantor lan b kan sudah di limit, mau cek di kantor a limitannya, gmn ya mas, mohon sharingnya, mksh salam..

  25. Bang tolong buatin video penjelesan lengkap mengenai Firewall, NAT, Mangle, beserta fungsi chain dan action nya

  26. Pak saya ingin bertanya, saya ingin memasang VPN dirumah, tetapi router mikrotik saya kan cuma satu, sedangkan tutorial disni membutuhkan 2 router, pertanyaannya adalah

    apakah tidak bisa membuat Vpn PPTP dengan 1 router saja? dan saya menggunakan aplikasi software Vpn Client untuk masuk ke jaringan pribadi saya?

    Terimakasih

  27. klu beda cidr nya gimana bos
    /24 sama /28

  28. Gan semua tipe mikrotik bsa set vpn ya? Terutama yg paling murah hap lite/mini

  29. bagaimana kalau ip publiknya sama antara kantor A dan B. ini bisa jalan kah mas

  30. thanks for informative and visual videos

  31. mas punya saya vpnnya koneknya cuma bentar aja… msalahnya dimana ya

  32. fungsinya bisa ping antar mikrotik hanya untuk mengambil data terus kalau mau remot office B pakai laptop window apakah di office B harus mengaktifkan PPTP server juga

  33. Min mau tanya nih, kalo langkah pptp server antara 2 router office A dan B uda berstatus "R" di flag.. nah ketika mau coba mobile client dari windows 7 uda saya ikutin langkahnya tapi connection failed with error 800… bisa bantu solusinya seperti apa ??

  34. Pak tolong bikin video tutorial jaringan cctv memanfaatkan fitur pptp vpn pd mikrotik agar bisa memonitoring dari luar rumah atau kantor.

  35. Tutorialnya mantab dan jelas, saya sudah coba dan berhasil

  36. Bang itu pake 2 mikrotik apa 1 yaa??

  37. min tolong bantu dong, case nya sperti ini. Ada router A dan router B. kebetulan beda kota. jadi Router A sbagai server dan router B sbagai client. di router A ada 2 isp indihome dan astinet. router A pptp servernya udh enabled dan portnya sudah di open di firewall.
    di router A, default routenya (akses keseluruhan internet) menggunakan indihome. astinet di routenya menggunakan Routing mark untuk vicon sblmnya.
    ketika client dial out ke ip astinet tidak bisa terhubung. karna astinet menggunakan routing mark, ketika routinf mark di hapus. client bisa konek ke server, cmn ada kendalanya yaitu akses seluruh internet ke indihome, jadi bagaimana ya, indihome ttp digunakan untuk keseluruhan akses internet, astinet digunakan untuk pptp server. jadi gimana 2 2 nya berjalan?
    kebetulan client menggunakan indihome saja

  38. Untuk keperluan koneksi pusat ke cabang dsblknya dgn jarak kantor yg jauh jml cabang 20 kantor cabang…agar koneksi lancar spt di BPR yg sesuai menggunakan apa mas…tlg beri pencerahan.
    Kantornya dimana mas…bisa hub saya mgk sy bth bantuan anda
    Ini no wa saya 0878 0326 0169
    Terimakasih

  39. Terima kasih, sangat bermanfaat….

Leave a Comment