Peringatan Hari Pramuka 2019

Peringatan Hari Pramuka 2019

Peringatan Hari Pramuka 2019

Pramuka Indonesia sudah berusia 58 tahun. Tepatnya tanggal 14 Agustus 2019 besok, Praja Muda Karana (Pramuka) Indonesia akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke 58. Gerakan Pramuka Indonesia lahir pada tanggal 14 Agustus 1961, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Gerakan Pramuka Indonesia merupakan nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. “Pramuka” merupakan sebutan bagi anggota Gerakan
Pramuka, yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Peringatan Hari Pramuka di 2019 adalah bertema “GERAKAN PRAMUKA BERSAMA SELURUH KOMPONEN BANGSA SIAP SEDIA MEMBANGUN KEUTUHAN NKRI”. Selain itu, makna perayaan Hari Pramuka yaitu :
1. Kegiatan kepramukaan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan organisasi Pramuka Indonesia sebagai bagian dari organisasi kepanduan dunia.
2. Merupakan momentum untuk merenungkan tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum tercapai oleh kegiatan kepramukaan Nasional Indonesia untuk kepentingan membangun
kemandirian Bangsa terutama generasi muda dan Bangsa Indonesia pada umumnya.
3. Memberikan kesempatan untuk mengoreksi kekurangan dan kelemahan yang dihadapi kepramukaan Indonesia dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya dalam kancah
kehidupan berbangsa dan bernegara.
4. Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan Pramuka Indonesia dalam mempererat kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Dari makna-makna untuk peringatan Hari Pramuka tahun 2019 ke 58 dapat dimaknai cita-cita sebagai upaya dalam mendorong kegiatan kepramukaan kreatif agar menjadi jembatan membangun persatuan kesatuan buat mempereratkan NKRI dalam setiap aspek kehidupan.

#IndonesiaBaik #HariPramuka2019 #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Peringatan Hari Pramuka 2019



Peringatan Hari Pramuka 2019

Related posts

Leave a Comment