Permudah Perizinan Online dengan SICANTIK

Permudah Perizinan Online dengan SICANTIK

Permudah Perizinan Online dengan SICANTIK

Demi mempercepat layanan perizinan, akuntabel, dan transparan, Pemerintah RI terus mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia untuk manfaatkan penggunaan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik (SICANTIK). SICANTIK dapat diakses di https://sicantikui.layanan.go.id/

SICANTIK merupakan singkatan dari Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik berupa sistem cloud yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara GRATIS. SICANTIK adalah aplikasi berbasis online untuk menyerdehanakan proses perizinan. Dengan mudahnya proses perizinan, proses berinvestasi makin mudah sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Aplikasi SICANTIK yang dikembangkan oleh Direktorat e-Government memiliki fitur antara lain mudah dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan jenis perizinan yang diselenggarakan, pendaftaran izin secara online, tracking status perizinan, pengaduan online, serta pelaporan yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan. Saat ini SICANTIK telah memasuki versi 4, dengan penambahan fitur Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), perhitungan retribusi dan rekomendasi dari tim teknis.

SICANTIK dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan aplikasi dari Pemerintah Kabupaten/Kota kepada e-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Aplikasi SICANTIK disajikan dengan penggunaan yang lebih Mudah (User Friendly) karena berbasis Cloud yang dapat digunakan kapan saja.
Selain itu, aplikasi ini juga fleksibel dan dinamis yang apat dikonfigurasi sesuai SOP pelayanan perizinan maupun non-perizinan di K/L/D. Kemudian, aplikasi ini Cloud Based & Maintenance Free yang tidak perlu menyediakan domain, server, hosting atau data center. Terakhir, infrastruktur dan keamanan SICANTIK dikelola oleh Kementerian Kominfo.

#IndonesiaBaik #AplikasiSICANTIK #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Permudah Perizinan Online dengan SICANTIK



Permudah Perizinan Online dengan SICANTIK

Related posts

Leave a Comment