Indonesia dan Tembakau

Indonesia dan Tembakau

Indonesia dan Tembakau

Tahukah kamu? Berdasarkan data dari Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yaitu Food and Agriculture Organization (FAO) menunjukkan bahwa China merupakan negara penghasil/produsen tembakau terbesar di dunia. FAO mencatat selama tahun 2017 China mampu menghasilkan tembakau sebanyak 2.391.000 ton.

Sementara Brasil menempati peringkat kedua sebagai negara penghasil tembakau terbesar di dunia. Sepanjang tahun 2017, Brasil mampu menghasilkan tembakau sebanyak 880.881 ton. Berikutnya di tiga besar ada India yang menempati peringkat ketiga dengan jumlah produksi sebanyak 799.960 ton.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Ya, Indonesia juga merupakan salah satu negara terbesar dunia penghasil tembakau, di mana berdasarkan catatan FAO jumlah produksi tembakau Indonesia sepanjang tahun 2017 mencapai 152.319 ton dan menempati urutan keenam.

Kementerian Pertanian sendiri mencatat jumlah produksi tembakau di Indonesia sempat mengalami penurunan pada 2016 yang berada di angka 126 ribu ton dari sebelumnya 193 ribu ton pada 2015. Kemudian jumlah produksi tembakau Indonesia pada 2017 mencapai 181 ribu ton dan angka sementara pada 2018 sudah mencapai jumlah yang sama. Sedangkan estimasi jumlah produksi tembakau Indonesia pada 2019 diperkirakan mencapai 183 ribu ton.

Nah, provinsi mana saja ya yang berada di peringkat 5 besar penghasil tembakau di Indonesia? Catatan dari Kementerian Pertanian memaparkan Jawa Timur masih berada di peringkat pertama diikuti oleh Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat dan Aceh.

#IndonesiaBaik #Rokok #Kesehatan #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Indonesia dan Tembakau



Indonesia dan Tembakau

Related posts

Leave a Comment