Mau Pacaran di Usia Remaja? Pikir-Pikir Dulu Deh!

Mau Pacaran di Usia Remaja? Pikir-Pikir Dulu Deh!

Mau Pacaran di Usia Remaja? Pikir-Pikir Dulu Deh!

Remaja merupakan tahapan penting dalam kesehatan reproduksi. Masa remaja merupakan periode pematangan organ reproduksi manusia yang disebut juga dengan masa transisi, yaitu tersebut
terjadi perubahan perubahan fisik yang cepat, terkadang tidak seimbang dengan perubahan kejiwaan/mental.

Infodatin Kementerian Kesehatan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja 2017 menjelaskan data hasil survei mengenai situasi kesehatan reproduksi remaja Indonesia yang sebagian besar bersumber dari Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) terutama komponen Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).

Diketahui pada remaja usia 15-19 tahun, proporsi terbesar berpacaran pertama kali pada usia 15-17 tahun. Di mana sekitar 33,3% remaja perempuan dan 34,5% remaja laki-laki yang berusia 15-19 tahun mulai berpacaran pada saat mereka belum berusia 15 tahun. Pada usia tersebut sejatinya dikhawatirkan remaja belum memiliki keterampilan hidup yang memadai, sehingga mereka berisiko memiliki perilaku pacarana yang tidak sehat, antara lain melakukan hubungan seks pra nikah.

Sementara itu seperti dituturkan dalam SDKI 2017 BKKBN, ketidakseimbangan perkembangan mental pada masa transisi tersebut dapat menimbulkan kebingungan remaja yang dikhawatirkan membawa remaja pada perilaku seksual yang tidak bertanggungjawab seperti perilaku pacaran mengarah untuk melakukan hubungan seksual pranikah atau seks bebas.

Dampak dari perilaku tersebut antara lain terjadinya kehamilan remaja, kehamilan yang tidak diinginkan hingga upaya melakukan pengguguran yang tidak aman. Selain itu remaja dapat tertular
penyakit menular seksual dan berhadapan dengan dampak sosial seperti putus sekolah, stigma masyarakat dan sanksi sosial lainnya.

Karenanya pelayanan kesehatan reproduksi remaja bertujuan untuk mencegah dan melindungi remaja dari perilaku seksual berisiko dan perilaku berisiko lainnya yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mempersiapkan remaja guna menjalani kehidupan reproduksi yang sehat dan bertanggung jawab yang meliputi persiapan fisik, psikis, dan sosial untuk menikah dan menjadi orang tua pada usia yang matang.

#IndonesiaBaik #KesehatanRemaja #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Mau Pacaran di Usia Remaja? Pikir-Pikir Dulu Deh!



Mau Pacaran di Usia Remaja? Pikir-Pikir Dulu Deh!

Related posts

One Thought to “Mau Pacaran di Usia Remaja? Pikir-Pikir Dulu Deh!

  1. tumben minim musik atau suara penjelasan min.

Leave a Comment