Ada Berapa Jumlah Madrasah di Indonesia Ya?

Ada Berapa Jumlah Madrasah di Indonesia Ya?

Ada Berapa Jumlah Madrasah di Indonesia Ya?

Sebelum adanya pendidikan berbasis Islam di Indonesia, pada zaman kolonial sudah terlebih dahulu berlangsung pendidikan yang diselenggarakan Belanda. Lalu bagaimana perkembangan madrasah setelah Indonesia merdeka?

Kata “madrasah” terambil dari akar kata “darasa-yadrusu-darsan= belajar”. Kata madrasah sebagai isim makan, menunjuk arti “tempat belajar”. Padanan kata madrasah dalam bahasa Indonesia adalah sekolah. Ditilik dari makna Arab di atas, madrasah menunjuk pengertian “tempat belajar” secara umum, tidak menunjuk suatu tempat tertentu, dan bisa dilaksanakan di mana saja, di rumah, di surau/langgar, di masjid atau di tempat lain sesuai situasi dan kondisi.

Perkembangan madrasah di era setelah Indonesia merdeka, diterbitkan Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 1952 di mana madrasah didefinisikan sebagai tempat pendidikan yang telah diatur sebagai sekolah yang memuat pendidikan umum dan ilmu pengetahuan agama menjadi pokok pengajarannya.

Untuk jenjang pendidikan madrasah dimulai dari pendidikan taman kanak-kanak yang disebut dengan Raudlatul Athfal atau Bustanul Athfal. Kemudian dilanjutkan ke jenjang Madrasah Ibtidaiyah di mana masa pendidikannya 6 tahun (setara Sekolah Dasar). Lalu berlanjut ke Madrasah Tsanawiyah di mana masa pendidikannya 3 tahun (setara Sekolah Menengah Pertama). Jenjang madrasah berujung di tingkat Madrasah Aliyah di mana masa pendidikannya 3 tahun (setara Sekolah Menengah Atas/SMK).

Lalu ada berapa jumlah madrasah di Indonesia hingga 2019? Seperti dicatat oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, saat ini ada 78 ribu lebih madrasah
tersebar di Nusantara. Sebanyak 28 ribu diantaranya merupakan Raudlatul Athfal (setara Taman Kanak-kanak). Kemudian sebanyak 24.951 merupakan Madrasah Ibtidaiyah, lantas ada 17.363
Madrasah Tsanawiyah dan sisanya ada 8.165 Madrasah Aliyah.

#IndonesiaBaik #Madrasah #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Ada Berapa Jumlah Madrasah di Indonesia Ya?



Ada Berapa Jumlah Madrasah di Indonesia Ya?

Related posts

Leave a Comment