Pameran Kerajinan Kriya Nusa 2019

Pameran Kerajinan Kriya Nusa 2019

Pameran Kerajinan Kriya Nusa 2019

Industri kerajinan mempunyai peranan cukup strategis bagi perekonomian Indonesia. “Industri kerajinan memiliki peranan yang cukup strategis bagi perekominian Indonesia, karena secara historis keberadaannya dekat dengan keseharian kehidupan rakyat Indonesia”, tutur Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf pada Pembukaan Pameran Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini Jakarta, Rabu (11/09/2019).

“Industri kerajinan merupakan bagian dari ekonomi kreatif kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat, berkembang hampir di seluruh pelosok tanah air, mulai dari skala kecil (mikro) sampai menengah,” ungkap Ketua Umum Dekranas.

Mufidah Jusuf Kalla mengatakan bahwa produk kerajinan bisa menjadi andalan mata pencaharian terutama pemanfaatan sumber daya setempat dan pengembangan kreatifitas lokal. ”Untuk itu, Dekranas dan Deskranasda bersama instansi terdekat telah melakukan upaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan dengan tujuan meningkatkan daya saingnya diharapkan produk kerajinan semakin maju untuk menembus pasar global”, tandas Mufidah Jusuf Kalla.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan beragamnya kekayaan budaya kita telah menjadi inspirasi bagi perkembangan produk kerajinan. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab kita untuk bersama terus menjaga menggali dan mengembangkan dan sekaligus memperkaya kreatifitas produk kerajinan Indonesia yang bersumber pada tradisi dan seni budaya Indonesia sendiri,” ujar Ketua Umum Dekranas.

Pada kesempatan tersebut dirangkaikan dengan Penyerahan Dekranas Award 2019 yang diberikan kepada para Pembina Teladan Terbaik dan Karya Kriya Terbaik 2019 seluruh Indonesia. “Tentu saya menganggap penting kegiatan Dekranas Award 2019 karena untuk memotivasi para pembina yaitu Dekranasda Provinsi yang berkoordinasi dengan Dekranasda Kabupaten/kota dalam melakukan pembinaan kepada para perajin di daerahnya sehingga diharapkan dapat mengembangkan produk unggulan, sementara Dekranas Award Kriya Nusa Terbaik diharapakan dapat memotivasi para perajin, produsen, designer untuk mengembangkan kriya Indonesia yang berkualitas sempurna, inovatif, berorientasi pasar yang berbasis pada budaya dan tradisi kebudayaan lokal,” ungkap Ketua Umum Dekranas.

Pembukaan Pameran Kriya Nusa 2019 dihadiri langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Pameran Kriya Nusa 2019 mengambil tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan.” Pameran Kriya Nusa 2019 dalam rangka HUT Dekranas ke-39. Pameran ini diselenggarakan Dekranas secara berkala dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat.
Pameran Kerajinan Kriya Nusa 2019



Pameran Kerajinan Kriya Nusa 2019

Related posts

Leave a Comment