Usia Ideal Nikah Orang Indonesia

Usia Ideal Nikah Orang Indonesia

Usia Ideal Nikah Orang Indonesia

Kamu ingin menikah di usia berapa? Nah, mungkin data dan hasil survei berikut bisa ikut jadi pertimbangan kamu. Tahukah kamu menurut United Nations Development Economic and Social Affairs (UNDESA, 2010) bahwa Indonesia termasuk dalam daftar negara ke-37 dengan persentase pernikahan usia muda yang tinggi dan merupakan yang tertinggi kedua di kawasan ASEAN setelah Kamboja.

Pada tahun 2010 sendiri, terdapat 158 negara dengan usia legal minimal perempuan menikah adalah 18 tahun ke atas, namun di Indonesia batas usia minimal bagi perempuan untuk menikah adalah 16 tahun. BKKBN sendiri menegaskan bahwa pernikahan di usia muda berisiko karena belum cukupnya kesiapan dari aspek kesehatan, mental emosional, pendidikan, sosial ekonomi, dan reproduksi. Pendewasaan usia perkawinan juga berkaitan dengan pengendalian kelahiran karena lamanya masa subur perempuan terkait dengan banyaknya anak yang akan dilahirkan.

Apakah masyarakat Indonesia setuju dengan menikah di usia muda? Kira-kira usia ideal untuk menikah pertama bagi perempuan dan laki-laki di Indonesia di umur berapa ya? Hasil Survei
Demografi Kesehatan Indonesia 2017 membandingkan dengan data SDKI 2012. Ternyata media umur menikah pertama bagi perempuan menurut perempuan adalah 23,7 tahun, sedangkan menurut laki-laki adalah 22,8 tahun.

Lalu media usia ideal menikah pertama untuk laki-laki menurut perempuan adalah 25,9 tahun, sedangkan menurut pria adalah 25,6 tahun. Hasil SDKI 2017 sejatinya hanya berbeda tipis dengan hasil SDKI 2012. Tampak sudah mulai terbentuk pemikiran bahwa perempuan tidak diperkenankan lagi menikah di usia 16 tahun seperti yang ada dalam perundang-undangan.

Ada pun dijelaskan pula pola menurut karakteristik latar belakang hasil SDKI 2017 di mana persentase perempuan yang berpendapat usia 20-24 tahun sebagai usia ideal menikah pertama untuk perempuan lebih tinggi pada perempuan usia 15-19 tahun (62%) ketimbang perempuan usia 20-24 tahun (58%). Sedangkan persentase perempuan dan laki-laki yang berpendapat usia ideal untuk menikah pertama di usia 20-24 tahun lebih banyak tinggal di perkotaan (62% dan 71%) ketimbang di perdesaan (60% dan 68%).

Kemudian persentase perempuan dan laki-laki yang berpendapat usia ideal menikah pertama untuk perempuan di usia 25 tahun ke atas tertinggi pada perempuan dan laki-laki yang berpendidikan perguruan tinggi (43% dan 28%). Lalu persentase perempuan dan laki-laki yang berpendapat usia ideal menikah pertama untuk laki-laki di usia 20-24 tahun lebih tinggi pada perempuan dan laki-laki usia 15-19 tahun (15%) ketimbang perempuan dan pria usia 20-24 tahun (7%).

Sementara persentase perempuan dan laki-laki yang berpendapat usia ideal menikah pertama bagi laki-laki di usia 20-24 tahun lebih tinggi pada perempuan dan laki-laki yang tinggal di perdesaan ketimbang di perkotaan. Terakhir, persentase perempuan yang berpendapat usia ideal menikah pertama bagi perempuan di usia 25 tahun ke atas cenderung meningkat sejalan dengan semakin tinggi pendidikan dan kuintil kekayaannya.

#IndonesiaBaik #KesehatanReproduksi #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Usia Ideal Nikah Orang Indonesia



Usia Ideal Nikah Orang Indonesia

Related posts

Leave a Comment