Hari Maritim Nasional, Jejak Sejarah Kejayaan Bangsa

Hari Maritim Nasional, Jejak Sejarah Kejayaan Bangsa

Hari Maritim Nasional, Jejak Sejarah Kejayaan Bangsa

Tepat pada 21 Agustus, Indonesia selalu memperingati sebagai Hari Maritim Nasional. Sejarah sendiri telah mencatat bahwa Hari Maritim Nasional ini sendiri sudah ditetapkan sejak 21 Agustus 1945 atau tepatnya setelah empat hari hari proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Hari Maritim bukan hanya angkatan laut Indonesia saja, namun juga mengenai kemenangan pertempuran di laut dalam melawan penjajah. Tanggal ini sendiri dipilih karena untuk memperingati
angkatan laut Indonesia saat berhasil melawan penjajah, sehingga bisa mengambil kembali kedaulatan laut Indonesia dari angkatan laut Jepang pada 21 Agustus 1945.

Sejarah kemaritiman sendiri ada sejak abad ke-9. Kala itu Indonesia memiliki banyak kerajaan-kerajan maritim besar yang berhasil membawa kesuksesan ke kepulauan Nusantara hingga akhirnya menghasilkan sebuah kemakmuran.

Sejarah kemaritiman di kepulauan Nusantara sudah berawal sejak abad ke-9 dimana banyak kerajaan-kerajaan maritim besar yang sukses membawa wilayah kepulauan Nusantara menuju masa kemakmurannya. Sejarah kemaritiman yang besar diawali dari kerajaan Sriwijaya, yang pelabuhannya banyak digunakan sebagai tempat transit bagi pedagang dari barat (India) yang ingin menuju timur (Tiongkok) atau sebaliknya.

Sejarah berlanjut ke kerajaan Majapahit, yang mampu menyatukan sebagian besar wilayah Nusantara dengan mengandalkan armada laut yang kuat di bawah pimpinan Laksamana Mpu Nala. Pada era kerajaan Islam, kita mengenal kesultanan Banten. Kesultanan Banten memiliki kota pelabuhan yang banyak disinggahi pedagang dari Eropa, Timur Tengah, India, dan Tiongkok dikarenakan sarana serta pra-sarana yang sangat memadai di masa tersebut. Kota pelabuhan tersebut tidak lain adalah kota Jayakarta yang menjadi cikal bakal kota Jakarta, ibukota Indonesia saat ini.

#IndonesiaBaik #HariMaritimNasional #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Hari Maritim Nasional, Jejak Sejarah Kejayaan Bangsa



Hari Maritim Nasional, Jejak Sejarah Kejayaan Bangsa

Related posts

Leave a Comment