Special Login, Remote Mikrotik via Console – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Special Login, Remote Mikrotik via Console - MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Special Login, Remote Mikrotik via Console – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Fitur Special Login Mikrotik

Untuk mengakses Router Mikrotik tentunya ada banyak cara yang bisa kita gunakan. Kita bisa meremote Router secara GUI (Graphical User Interface), atau secara CLI (Command Line Interface). Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk meremote Router secara GUI. Contoh aplikasinya adalah Winbox, Webfig dan Mikrotik (Android & IOS). Kemudian aplikasi untuk meremote Router secara CLI adalah Telnet, SSH dan Serial.

Special Login digunakan untuk mengakses Router yang saling terhubung menggunakan Kabel Console dengan membuka sesi telnet / ssh yang akan mengarahkan Anda langsung ke perangkat tersebut (tanpa harus masuk ke RouterOS terlebih dahulu).

Mungkin ada beberapa pertanyaan dari teman-teman mengenai fitur special login ini,

1. Untuk mengakses Router2 mengapa tidak langsung di hubungkan ke laptop saja? Nah mungkin kasusnya Anda tidak memiliki Kabel USB to RS232, Anda hanya memiliki kabel Serial/Console saja. Dengan demikian kita bisa menggunakan fitur “Special Login”.

2. Kenapa Router1 dan Router2 tidak dihubungkan menggunakan kabel ethernet saja? Kan kebutuhannya supaya kita bisa meremote Router2? Nah untuk kasus ini, misalnya pada Router2 sudah terdapat konfigurasi yang kompleks, dan seluruh interface yang terdapat pada Router2 tidak sengaja terdisable. Reset atau Netinstall tidak memungkinkan, sehingga kita bisa mengakses Router2 menggunakan kabel Console/Serial, dan mengaktifkan kembali interface yang tidak sengaja terdisable.

———————————————————————————————————–

Beberapa link artikel pendukung yang dapat dipelajari:

Special Login Mikrotik
https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=355

Manual:Special Login
https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Special_Login

———————————————————————————————————–
Pembelian perangkat bisa melalui:
https://citraweb.com

Pertanyaan mengenai detail teknis bisa diajukan melalui Menu Layanan pada https://citraweb.com

#SpecialLogin #ConsoleMikrotik #Mikrotik #Citraweb #RouterManagement #MikrotikID #MikrotikTutorial #RouterBoard #CitrawebSolusiTeknologi #CST
Special Login, Remote Mikrotik via Console – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]



Special Login, Remote Mikrotik via Console – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Related posts

11 Thoughts to “Special Login, Remote Mikrotik via Console – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

  1. Mas kalo orang awam seperti saya apakah bisa belajar lebih dalam tentang mikrotik?

  2. Pak saya mau tanya..
    saya pakai RB750 versi pertama.
    ketika saya pakai os 6.39. ketika client konek ke ssid , maka otomatis diarahkan ke login page. tapi pas os update ke 6.45 slrg udah ga bisa lagi. harus manual ke browser dan ketik dns hotspotnya… solusinya gmna ya

  3. pak saya mau nanya. jika mau ngremote rb4011 langsung ke laptop via console kabelnya pakai kabel apa pak?

  4. Mas mau tanya. Di mikrotik bisa gak dibikin script untuk auto login via telnet/ssh ke modem indihome (Huawei HG8245H5). Tujuannya adalah untuk bikin script yg dischedule tiap 15 mnt otomatis merestart modem jika IP-nya private. Oya, modem tsb tdk berfungsi sbg bridge.

  5. Sebelumnya maf melenceng dari judul. Bisakah sesama RBLDF 5ND untuk PTP.? Kalo bisa berapa jarak max dari RBLDF tersebut.?
    Terima kasih

  6. if i have router wich have USB port and other router wich have console port can i use this features?

  7. i tried between crs226-24g-25 and crs210-8g-2s+in, it doesn't work,or maybe it works between serial cable and console.

  8. Pak, mau Tanya nih, gimana Cara membuat user login ke mikrotik tetap Hanya digunakan utk ganti nama hostpot Dan password hostpot saja, jadi nanti operator yg mengoperasikannya tidak bisa melihat settingan Kita yg lain pada routerboardnya, tujuannya adalah, agar settingan lainnya tidak di ganggu sama orang yg mengakses mikrotiknya, thanks

  9. Bang bikin tutor mengenai OSPF yg bener bener aman dari serangan donk, jelasin juga fungsi fungsi nya secara menyeluruh please

  10. Kalo misal service port terdisable semua. Pakai cara ini bisa ya?

Leave a Comment