Tantangan Indonesia Menuju Negara Maju

Tantangan Indonesia Menuju Negara Maju

Tantangan Indonesia Menuju Negara Maju

Indonesia berpeluang menjadi negara maju pada 2045. Namun, ada sejumlah tantangan yang mesti diselesaikan Indonesia guna mencapai negara maju. Tantangan pertama ialah pemerintah perlu mengatasi kendala dalam struktural untuk sektor produksi. Hal ini diperlukan untuk menyeimbangkan nilai ekspor impor negara.

Kemudian, tantangan dari sisi demografi Indonesia. Kemampuan penduduk Indonsia masih belum sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, tantangan yang juga dihadapi adalah perubahan demografi. Pada 2030, jumlah penduduk usia tua di atas 60 tahun mencapai 13 persen dari 7 persen pada 2010. Jika tidak diantisipasi, hal ini dikhawatirkan dapat menjadi beban bagi perekonomian di masa depan.

Kemudian tantangan yang ketiga, ialah soal pemerataan. Saat ini, fokus pembangunan dan ekonomi masih berpusat di Pulau Jawa. Padahal, Indonesia terdapat pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayah geografis. Selain itu, dibutuhkan kemampuan diversifikasi industri, industri dengan teknologi yang lebih maju, kondisi pasar tenaga kerja yang kondusif dan tingkat investasi yang cukup tinggi.

Terakhir, perubahan struktural dan industri 4.0. Untuk mampu keluar dari MIT, struktur ekonomi harus bertransformasi ke aktivitas, bernilai tambah tinggi dan mampu beradaptasi dengan Industri 4.0. Indonesia harus melanjutkan akselerasi transformasi struktural dengan arah kebijakan:
1. Industrialisasi untuk membangun export-based industry and natural resource processing di seluruh wilayah RI dan reindustrialisasi dengan revitalisasi manufaktur berteknologi tinggi khususnya di wilayah Jawa
2. Optimalisasi sektor jasa dengan mempersiapkan industri di masa depan yang mampu adaptasi dengan perkembangan Digitalisasi, e-Commerce, dan Industri 4.0 (internet of things)

#IndonesiaBaik #IndonesiaMaju #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Tantangan Indonesia Menuju Negara Maju



Tantangan Indonesia Menuju Negara Maju

Related posts

One Thought to “Tantangan Indonesia Menuju Negara Maju

Leave a Comment