DNS FORWARDING – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

DNS FORWARDING - MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

DNS FORWARDING – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Forwarding DNS Server di perangkat Mikrotik

Sebagai administrator jaringan di sebuah perusahaan atau Sekolahan. Maka sesuai dengan peraturan pemerintah atau juga kebijakan dari masing-masing pengelola untuk melakukan filtering akses dari situs-situs yang mengandung unsur SARA, Pornografi, dan situs yang memiliki konten ‘negatif’.

Untuk membuat sebuah ‘Internet Positif’ kita akan melakukan konfigurasi pada router gateway dengan menambahkan DNS Server yang memiliki Content Filtering, seperti DNS Nawala, Comodo Secure DNS, Norton ConnectSafe DNS. Namun seiring dengan perkembangan informasi teknologi, para pengguna internet pun juga tidak ketinggalan untuk update. Sebagian pengguna internet mencari cara untuk menembus dari ‘Internet Positif’. Salah satunya dengan mengganti alamat DNS yang telah tersetting di perangkat si pengguna menggunakan alamat DNS tanpa Content Filtering.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa menerapkan Forwarding DNS Server atau dengan kata lain kita ‘memaksa’ pengguna internet untuk melakukan resolve DNS ke DNS Server kita walaupun di perangkat si pengguna di setting dengan DNS Server yang lain.

———————————————————————————————————–
Forwarding DNS Server
https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=141

Manual:IP/DNS
https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/DNS

Manual:IP/Firewall/NAT
https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Firewall/NAT
———————————————————————————————————–
Pembelian perangkat bisa melalui:
https://citraweb.com

Pertanyaan mengenai detail teknis bisa diajukan melalui Menu Layanan pada https://citraweb.com

#DNS #ForwardingDNS #DNSServer #DNSMikrotik #Mikrotik #Citraweb #RouterManagement #MikrotikID #MikrotikTutorial #RouterBoard #CitrawebSolusiTeknologi #CST
DNS FORWARDING – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]



DNS FORWARDING – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Related posts

18 Thoughts to “DNS FORWARDING – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

  1. Trims bagi pengetahuan nya om…

  2. Mas kalau penerapan nya diterapkan
    untuk android bisa / tidak dan caranya bagaimana .mohon infonya

  3. mas klo ip lokal lebih dari 1 segment ip atau lebih dari 1 interface bagaimana setting di in-interfacenya?

  4. Terkagum panjang umur dan sehat selalu semuanya dipermudah semuanya diperhatikan masyarakat Indonesia selamanya kekal dan abadi amin alfatihah

  5. Bang.aku ikutin sama persis. Masuk ke dns nawala. Tapi Kok kalo aku isinkan. Dst Port 53. Packet Ngga masuk ya ? .. tp klo aku ilangin packet masuk ?

  6. Kak cobak yang bloo situs, pakek web proxy ,soalnya banyak dari temen2 saya yang gak bisa

  7. Tutorial load balace donk sama cara gimna buat nge batasi bandwith mikrotik yang sudah load balance

  8. kalau ada referensi untuk membuat koneksi hanya bisa terhubung ke server lokal, kondisi offline. semua domain di redirrect kan ke server lokal.

  9. Gan, saran buat video untuk memblok user yg memakai vpn untuk akses ke situs2 yg di blok gan. Makasih.

  10. Kok pak Valen sekarang jarang buat tutorial ya

  11. Setting DNS gitu gk ngaruh kalo pake ISP Si Merah

  12. Untuk Pengguna Plat Merah Boleh Di coba yg ini:

    /ip firewall nat
    add chain=dstnat protocol=udp dst-port=53 action=dst-nat to-addresses=208.67.222.123 to-ports=443 comment="OpenDNS-FamilyShield"
    add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=53 action=dst-nat to-addresses=208.67.222.123 to-ports=443 comment="OpenDNS-FamilyShield"
    add chain=dstnat protocol=udp dst-port=53 action=dst-nat to-addresses=208.67.220.123 to-ports=443 comment="OpenDNS-FamilyShield"
    add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=53 action=dst-nat to-addresses=208.67.220.123 to-ports=443 comment="OpenDNS-FamilyShield"

  13. tutorialnya bagus mas, sekedar saran mas winbox di linux nya perlu di install ttf-mscorefonts-installer kayaknya biar terminal winbox nya rapi. 🙂

  14. nslookup dari mikrotik caranya gimana ya gan ?

  15. e p

    saya pakai rb951, ether1 ke modem/internet, ether2 s.d ethet5 ke LAN1, Lan2, LAN3, LAn4 dengan masing2 lan ip networknya beda-beda . kalau seperti itu in interfacenya disi apa…?

  16. kalau pake dns forwarding gini di firewall-filter rules perlu dibikin rules juga atau cukup di firewall-nat saja yg dibikin rulesny?

  17. What is the use of enabling DNS allow remote request ?

Leave a Comment