Stroke, Kenali Fakta dan Gejalanya

Stroke, Kenali Fakta dan Gejalanya

Stroke, Kenali Fakta dan Gejalanya

Stroke atau cerebrovascular accident (CVA) adalah hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat, karena gangguan suplai darah ke otak yang terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat, atau jika robek atau bocor.

Hari Stroke Sedunia pada 29 Oktober diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan ancaman penyakit stroke. Stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak, bukan oleh sebab yang lain (WHO). Gangguan fungsi syaraf pada stroke disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak non traumatik.

Data World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan sekitar 31% dari 56,5 juta orang atau 17,7 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Dari seluruh kematian akibat penyakit kardiovaskuler, sebesar 7,4 juta disebabkan oleh Penyakit Jantung Koroner, dan 6,7 juta disebabkan oleh stroke.

Prevalensi stroke nasional berdasarkan Riskesdas 2013 sebesar 12,1‰, tertinggi di provinsi Sulawesi Selatan (17,9‰) dan terendah provinsi Papua Barat, Lampung, dan Jambi (5,3‰). Sedangkan, menurut Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014 menunjukkan stroke merupakan penyebab kematian utama, yaitu sebesar 21,1% dari seluruh penyebab kematian untuk semua kelompok umur.

Masalah yang muncul adalah tidak dikenalinya gejala awal serangan stroke oleh masyarakat. Alat penilaian sederhana untuk stroke adalah “SEGERA KE RS”, yaitu:
1. Senyum tidak simetris
2. Gerak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba
3. BicaRA pelo atau tiba-tiba tidak dapat bicara atau tidak mengerti kata-kata/bicara
4. Kebas atau baal
5. Rabun
6. Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan gangguan fungsi keseimbangan

#IndonesiaBaik #HariStrokeSedunia #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Stroke, Kenali Fakta dan Gejalanya



Stroke, Kenali Fakta dan Gejalanya

Related posts

Leave a Comment