Jurus Pemerintah Keluar dari Middle Income Trap

Jurus Pemerintah Keluar dari Middle Income Trap

Jurus Pemerintah Keluar dari Middle Income Trap

Middle income trap adalah sebuah istilah untuk negara yang masyarakatnya terjebak di pendapatan menengah. Indonesia saat ini disebut sebagai negara yang masuk dalam kategori tersebut. Jika bisa terbebas dari istilah tersebut maka Indonesia akan menjadi negara maju.

Indonesia sekarang ini berada pada ranking yang patut dilihat dari GDP nominal, yaitu di dunia pada ranking ke 15-16. Sedangkan, jika dihitung dari GDP PPP, purchasing power parity, Indonesia berada pada ranking 7 di dunia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III/2019 berada di level 5,02 persen. Sedangkan, ekonomi Indonesia tahun 2018 tumbuh 5,17 persen lebih tinggi dibanding capaian tahun 2017 sebesar 5,07 persen.

Di tahun 2016, ekonomi Indonesia tumbuh 5,03 persen lebih tinggi dibandingkan dengan capaian tahun 2015 sebesar 4,88 persen. Terakhir, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,01 persen di tahun 2014. Perekonomian Indonesia tahun 2018 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp14 837,4 triliun dan PDB Perkapita mencapai Rp56,0 Juta atau US$3 927,0.

Potensi kita untuk bisa keluar dari middle income trap, dari jebakan negara yang berpendapatan menengah sangat besar. Untuk itu, ada strategi khusus yang dilakukan Pemerintah untuk keluar dari middle income trap.

Pertama, memiliki sumber daya alam yang sangat besar untuk memicu industrialisi. Kedua, memiliki sebuah pasar besar, baik dari sisi jumlah penduduk maupun daya belinya karena masyarakat yang berpendapatan menengah sekarang ini naik sangat drastis sekali di negara Indonesia.

Tetapi kunci utama dari lompatan yang ingin diraih adalah tetap ada di sumber daya manusia, pembangunan sumber daya manusia (SDM). Demikian pula yang berkaitan dengan pemberantasan narkotika beserta rehabilitasinya. Selain itu, pendidikan etika budi pekerti, pendidikan kebencanaan, pendidikan politik terutama ideologi Pancasila harus terus dilakukan secara sinergis lintas kementerian.

#IndonesiaBaik #EkonomiIndonesia #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Jurus Pemerintah Keluar dari Middle Income Trap



Jurus Pemerintah Keluar dari Middle Income Trap

Related posts

Leave a Comment