Rapat Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika

Rapat Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika

Rapat Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian Komunikasi dan Informatika menetapkan tiga fokus rencana strategis atau RENSTRA pembangunan bidang komunikasi dan informatika sampai tahun 2024. Ketiga fokus dalam Renstra Kementerian Kominfo itu terdiri dari Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, Transformasi Digital dan Pengelolaan Komunikasi Publik.

Seperti yang diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti dalam Rapat Kerja Kementerian Kominfo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (05/03/2020). Pemerataan Infrastruktur TIK meliputi akses mobile dan fixed broadband di daerah komersial dan non komersial, alokasi frekuensi radio serta layanan pos dan logistik.

Termasuk juga Digital Switch On serta mendorong industri telekomunikasi yang sehat, efisien termasuk mengenai perlindungan konsumen. Selain itu juga penyiapan infrastruktur TIK di Ibukota Negara Baru dan kawasan destinasi pariwisata super prioritas.

Guna mendorong pemanfaatan TIK agar memiliki nilai tambah bagi sumberdaya manusia di Indonesia. Kementerian Kominfo juga tengah menyiapkan beberapa program yang masuk dalam kluster Transformasi Digital.
Bagi ekonomi dan bisnis ada digitalisasi sektor, startup, UMKM digital, tata kelola, perlindungan data dan pengendalian konten. Pada pemerintahan ada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan smart city. Dan bagi masyarakat ada program literasi digital dan digital talent.

Di bidang komunikasi kebijakan dan program pemerintah, Sekjen Kominfo menjelaskan adanya program Government Public Relations atau Pengelolaan Komunikasi Publik. Prioritas Kominfo adalah bagaimana mengelola konten informasi publik, penguatan Government Public Relation pusat dan daerah dan pengendalian hoaks atau disinformasi.

Rapat Kerja Kementerian Kominfo berlangsung selama tiga hari dengan agenda utama pemantapan arah dan operasional program dalam Renstra Kementerian Kominfo 2020-2024.
Tujuan rapat kerja Kementerian Kominfo ini adalah mengevaluasi dan menuntaskan rencana strategis sampai betul-betul tuntas dengan output berupa perencanaan yang sangat matang dan siap untuk dieksekusi dan saling berbagi strategi dan perencanaan antar satker, sehingga semua saling memahami pekerjaan satu sama lain.

Hadir Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef A Nae Soi memberikan ucapan selamat datang kepada para peserta. Sedangkan peserta raker adalah Dirjen SDPPI Ismail, Dirjen Perangkat Pos dan Informatika (PPI) Ahmad M Ramli, Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Widodo Muktiyo, Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Basuki Yusuf Iskandar, Inspektur Jenderal Doddy Setiadi dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi (BAKTI) Anang Latif.

Hadir juga Staf Ahli dan tenaga ahli Menteri Kominfo, Peserta raker lainnya adalah para pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Kominfo.
Rapat Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika



Rapat Kerja Kementerian Komunikasi dan Informatika

Related posts

Leave a Comment