Bersama Memadamkan Kebakaran Hutan

Bersama Memadamkan Kebakaran Hutan

Bersama Memadamkan Kebakaran Hutan

Dengan wilayah hijau lebih dari 1,9 juta km, Indonesia kerap dijuluki sebagai paru-paru dunia. Dengan hutan seluas 13x pulau Jawa, Indonesia mampu menyuplai oksigen untuk ratusan juta manusia. Oksigen yang kian mewah tetap mengudara di saat covid-19 merajalela. Udara bersih pun selalu didambakan.

Tidak bisa dipungkiri, hutan menjadi salah satu kekayaan yang membanggakan. Jika satu pohon saja menjadi pahlawan untuk menyelamatkan satu kehidupan, bagaimana dengan hutan yang memiliki luas 94,1 juta hektar. Luar biasa, bukan?

Hutan Indonesia menjadi salah satu paru-paru dunia yang sangat penting bagi kehidupan isi bumi. Selain dari luasnya, hutan Indonesia juga menyimpan kekayaan hayati. Namun sayangnya, saat ini kebakaran hutan di Indonesia sering terjadi. Coba dipikirkan kembali jika hutan mulai rusak dan hilang dari bumi ini, apa yang akan terjadi?

Tujuh tahun terakhir, fenomena kebakaran hutan, pembukaan lahan, terus mewarnai berbagai headline surat kabar. Ketika orang-orang yang beraktivitas mengalami polusi udara, menghirup asap akibat pembakaran sampah sudah ramai-ramai protes.

Bayangkan kondisi di beberapa daerah lainnya, ada ribuan keluarga harus hidup dalam kondisi udara yang 5 kali lipat lebih berbahaya dari pencemaran udara. Semua ini terjadi akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan atau dikenal dengan Karhutla. 

Tentunya masalah ini bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah. Sama halnya dengan corona, Karhutla hanya bisa diatasi dengan bahu membahu berbagai pihak tanpa harus terbelah. Bersama-sama berusaha untuk saling mencegah agar kita semua bisa menikmati hutan yang kembali indah.

Boleh saja kita memanfaatkan potensi alam dan keanekaragaman yang ada di hutan. Namun, semua itu harus diiringi dengan usaha untuk melestarikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan penanaman kembali dan tidak melakukan penebangan secara sembarangan.

Untuk itu seluruh manusia harus saling bersinergi dan bekerja sama menjaga kelestarian alam dan juga hutan.

#IndonesiaBaik #KebakaranHutan #Karhutla

Indonesiabaik.id dapat diakses melalui:
– Website : indonesiabaik.id
– Instagram : instagram.com/indonesiabaik.id
– Twitter : twitter.com/IndonesiaBaikId
– Facebook : facebook.com/IndonesiaBaikId
– YouTube : youtube.com/IndonesiaBaikID
– Line Official Account: @IndonesiaBaik.id
– WhatsApp : (+62) 818-180-128
– E-mail : indonesiabaik@kominfo.go.id
Bersama Memadamkan Kebakaran Hutan



Bersama Memadamkan Kebakaran Hutan

Related posts

Leave a Comment