Kolaborasi ASEAN untuk Percepatan Transformasi Digital

Kolaborasi ASEAN untuk Percepatan Transformasi Digital

Kolaborasi ASEAN untuk Percepatan Transformasi Digital

Pada 21-22 Januari 2021, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Digital ASEAN atau ASEAN Digital Ministers’ Meeting (ADGMIN) secara virtual.
• Ini merupakan Forum ADGMIN 2021 yang pertama. Sebelumnya, forum ini dikenal dengan nama ASEAN Telecommunications and IT Ministers Meeting (TELMIN). Perubahan ini disepakati pada TELMIN ke-18 pada tahun 2019 yang saat itu diketuai oleh Indonesia.
• Tahun ini, ADGMIN mengangkat tema “ASEAN: A digitally-connected Community” dengan Malaysia sebagai tuan rumah.
• Hari pertama ADGMIN 2021 (21 Januari 2021) diisi dengan Pertemuan Pleno (Plenary) dengan para Menteri Digital ASEAN lainnya. Pada sesi ini, Menteri Johnny menyuarakan peningkatkan kerja sama dan sinergi regional ASEAN agar dapat mempertimbangkan tiga sektor berikut:
o Pertama, penguatan konektivitas digital. Konektivitas digital yang kuat merupakan prasyarat dari transformasi digital yang lebih menyeluruh.
o Kedua, peningkatan kerja sama perekonomian digital. Kerja sama ini perlu dilakukan secara lebih inklusif dan memberdayakan kembali mereka yang paling terdampak dari pandemi COVID-19. No one should be left behind, tidak boleh ada satu orang pun yang tidak mendapatkan manfaat dari transformasi digital.
o Ketiga, peneguhan komitmen untuk tata kelola pelindungan dan pertukaran data yang aman serta berdaulat. Data di era digital ini memiliki nilai ekonomi yang signifikan dan tata kelola data yang baik tentunya akan mendorong kerja sama perekonomian yang lebih baik.
• Menteri Johnny juga menyatakan bahwa kolaborasi antara negara-negara ASEAN ke depannya harus yang menciptakan optimisme-optimisme baru di tengah pandemi COVID-19.


Kanal Sosial Media Kementerian Kominfo:

Facebook: https://komin.fo/facebook (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)
Instagram: https://komin.fo/instagram (@kemenkominfo)
Twitter: https://komin.fo/twitter (@kemkominfo)
Line: @kemkominfo

#Kominfo #ASEAN #ADGMIN
Kolaborasi ASEAN untuk Percepatan Transformasi Digital



Kolaborasi ASEAN untuk Percepatan Transformasi Digital

Related posts

One Thought to “Kolaborasi ASEAN untuk Percepatan Transformasi Digital

Leave a Comment