DIALOG KABAR KAMIS SIANG"AYO KITA DONOR DARAH"

DIALOG KABAR KAMIS SIANG"AYO KITA DONOR DARAH"

DIALOG KABAR KAMIS SIANG"AYO KITA DONOR DARAH"

Ketidakseimbangan antara kebutuhan darah dan jumlah donor membuat stok darah di Palang Merah Indonesia menurun. Pengurus bidang donasi darah PMI Pusat mengungkapkan, di beberapa daerah yang terdampak Covid-19 terdapat penurunan jumlah stok darah. Data yang dihimpun PMI, hingga saat ini penurunan stok darah sekitar 10-20%.
Di tengah pandemi, kebutuhan darah tetap ada untuk berbagai terapi penyakit, mulai dari yang membutuhkan darah rutin seperti pasien penyakit thalasemia atau kanker, hingga penyakit yang tidak rutin seperti demam berdarah, kecelakaan, atau ibu melahirkan. Faktor lain yang mempengaruhi ketersediaan stok darah saat ini adalah kekhawatiran masyarakat untuk bepergian. Padahal, untuk pelaksanaan donasi darahnya sendiri, masih bisa dikatakan aman.
Sampai saat ini belum ada laporan terkait penularan Covid-19, baik saat pelaksanaan donasi darah maupun pada saat pelaksanaan transfusi. PMI juga sudah membuat protokol kesehatan terkait pelaksanaan donasi darah di masa pandemi COVID-19, yakni dimulai dari pemeriksaan suhu sebelum berdonasi, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga disinfektan berkala.
Selain itu, ada berbagai upaya yang dilakukan PMI untuk mempertahankan ketersediaan stok darah di masa PPKM. Dengan menjemput bola bersama komunitas yang biasa melakukan donasi darah secara rutin banyak dibantu oleh TNI, Polri, ASN.
Dialog Kabar Kamis, 16 September 2021 di Media Center KPCPEN akan mengajak kita untuk memahami pemanfaatan donor darah bersama dr. Linda Lukitari – Kabid Unit Donor Dareah PMI, Leonika Sari – CEO Redblood, Olivia Zalianty – Figur Publik. #YukDonorDarah

Kanal Sosial Media Kementerian Kominfo:

Facebook: https://komin.fo/facebook (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)
Instagram: https://komin.fo/instagram (@kemenkominfo)
Twitter: https://komin.fo/twitter (@kemkominfo)
Line: @kemkominfo

#Kominfo
DIALOG KABAR KAMIS SIANG"AYO KITA DONOR DARAH"



DIALOG KABAR KAMIS SIANG"AYO KITA DONOR DARAH"

Related posts

Leave a Comment