DIALOG PRODUKTIF KABAR KAMIS SIANG “Perguruan Tinggi Mulai Pembelajaran Tatap Muka”

DIALOG PRODUKTIF KABAR KAMIS SIANG “Perguruan Tinggi Mulai Pembelajaran Tatap Muka”

DIALOG PRODUKTIF KABAR KAMIS SIANG “Perguruan Tinggi Mulai Pembelajaran Tatap Muka”

Dengan menurunnya kasus positif COVID-19 di Indonesia, Pemerintah meminta agar perguruan tinggi di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 hingga 3, segera menggelar perkuliahan tatap muka terbatas. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito, pelaksanaan kuliah tatap muka terbatas bertujuan untuk menekan risiko learning loss dan menjaga kualitas pembelajaran mahasiswa.
Pembelajaran tatap muka (PTM) yang dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat juga dikombinasikan dengan pembelajaran daring. Ketentuan tersebut telah diatur dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (SE Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek) Nomor 4 Tahun 2021. Menurut Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Aris Junaidi, surat edaran tersebut adalah turunan dari Surat Keputusan Bersama antara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. Dalam surat yang terbit tanggal 13 September 2021, mengatur penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas tahun akademik 2021/2022. Seperti penyediaan sarana sanitasi, mengurangi tempat berkumpul tertutup dan berpotensi menimbulkan kerumunan. Semua elemen yang berada di lingkungan kampus sudah mendapatkan vaksinasi. Mereka juga wajib mengenakan masker dan menjaga jarak. Jumlah mahasiswa yang hadir dalam sesi belajar maksimal 50 persen dari kapasitas kelas.
Pemerintah juga mendorong perguruan tinggi untuk membentuk satgas COVID-19 yang bertugas untuk mengawasi penerapan protokol Kesehatan di kampus. Nantinya satgas kampus berperan untuk membuat pedoman aktivitas kampus secara detail, dan penyediaan ruang isolasi sementara, dan tindakan kedaruratan untuk civitas akademika. Selain itu, perlu dipastikan juga tidak ada keberatan dari orang tua mahasiswa yang mengikuti PTM terbatas.
Walau mendorong perkuliahan tatap muka, pemerintah juga meminta perguruan tinggi untuk tetap melakukan kuliah daring. Dan bila ditemukan kasus konfirmasi COVID-19 di kampus, pemimpin perguruan tinggi menghentikan sementara pembelajaran tatap muka terbatas di area terkonfirmasi COVID-19 sampai kondisi aman.
Dalam Dialog Produktif Kamis Siang 07 Oktober 2021 di Media Center KPC-PEN, Kita akan mendengarkan penjelasan dari Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. – Rektor ITB, Prisyanti Nurwardani – Sesditjen Dikti Kemdikbudristek , Ilham Subandoro – Mahasiswa ITB Berprestasi di Tingkat Nasional dan Andreas Tambah – Pengamat Pendidikan dari Komnas Pendidikan, mengenai kesiapan perguruan tinggi dalam memulai pembelajaran tatap muka .
#KuliahTatapMuka

Kanal Sosial Media Kementerian Kominfo:

Facebook: https://komin.fo/facebook (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)
Instagram: https://komin.fo/instagram (@kemenkominfo)
Twitter: https://komin.fo/twitter (@kemkominfo)
Line: @kemkominfo

#Kominfo
DIALOG PRODUKTIF KABAR KAMIS SIANG “Perguruan Tinggi Mulai Pembelajaran Tatap Muka”



DIALOG PRODUKTIF KABAR KAMIS SIANG “Perguruan Tinggi Mulai Pembelajaran Tatap Muka”

Related posts

Leave a Comment