Ingat! 4 Tingkatan Status Gunung Api di Indonesia

Ingat! 4 Tingkatan Status Gunung Api di Indonesia

Ingat! 4 Tingkatan Status Gunung Api di Indonesia

– Status Normal
Status aktif normal artinya kegiatan gunung api tersebut tidak memperlihatkan adanya kelainan. (yang mau naik gunung udah pasti aman dong)

– Status Waspada
Status Waspada mulai ada perubahan visual di sekitar kawah. Seperti terjadinya gangguan magmatik, tektonik, atau hidrotermal, namun diperkirakan tak terjadi erupsi dalam jangka waktu tertentu. (tenang, masih aman. tapi tetap berhati-hati ya SohIB!)

– Status Siaga
Pada status Siaga jika peningkatan kegiatan gunung api terus berlanjut, kemungkinan erupsi besar mungkin terjadi dalam kurun dua pekan. (mulai mengamankan barang-barang yang bisa dibawa, jika memungkinkan)

– Status Awas
Status Awas adalah kondisi paling memungkinkan terjadinya erupsi. Status Awas merujuk letusan utama yang dilanjutkan dengan letusan awal, diikuti semburan abu dan uap. Setelah itu akan diikuti dengan erupsi besar. Dalam kondisi ini, kemungkinan erupsi besar akan berlangsung dalam kurun 24 jam. (mengamankan diri jika kondisi sudah tidak memungkinkan bertahan didalam rumah yang dekat dengan aktivitas gunung) bunyi alarm danger.
Status Awas merupakan status paling berbahaya dalam sistem peringatan aktivitas vulkanik gunung api di Indonesia. Total ada empat tingkatan status yang masing-masing menandakan kondisi dan aktivitas vulkanik sebuah gunung api.

#IndonesiaBaik #GunungApi #StatusGunungApi

—————–

Indonesiabaik.id dapat diakses melalui:
– Website : indonesiabaik.id
– Instagram : instagram.com/indonesiabaik.id
– Twitter : twitter.com/IndonesiaBaikId
– Facebook : facebook.com/IndonesiaBaikId
– YouTube : youtube.com/IndonesiaBaikID
– TikTok : www.tiktok.com/@indonesiabaik.id
– Line Official Account : @tsx0642m
– WhatsApp : (+62) 818-180-128
– E-mail : indonesiabaik@kominfo.go.id
Ingat! 4 Tingkatan Status Gunung Api di Indonesia



Ingat! 4 Tingkatan Status Gunung Api di Indonesia

Related posts

Leave a Comment