Mengatasi MAC Acak dengan HOTSPOT – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Mengatasi MAC Acak dengan HOTSPOT - MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Mengatasi MAC Acak dengan HOTSPOT – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Saat client mengaktifkan fitur MAC Address Acak pada perangkat gadgetnya, biasanya akan merepotkan dan mengganggu kinerja Router. Terutama jika router mengimplementasikan beberapa fitur yang berbasiskan MAC Address seperti hotspot, dll.
Sebenarnya kita bisa juga menghimbau ke user untuk menonaktifkan fitur MAC acak tersebut di gadget. Tetapi untuk saat ini, tidak semua user tahu cara menonaktifkan fitur tersebut.
Di video sebelumnya, kita sudah pernah membahas mengenai penanganan MAC acak dengan cara menyamakan SSID semua wireless Access Point yang ada. Agar saat client terkoneksi ke Access Point lain, MAC Address tidak berubah karena masih menggunakan SSID yang sama.

Lalu bagaimana jika SSID yang digunakan berbeda? Ternyata ada solusi lain yang bisa diterapkan saat client masih mengaktifkan mac address acak. Simak detail konfigurasinya pada video kali ini.

______________________________________
Artikel dan Video terkait yang dapat dipelajari:

Mengatasi MAC Acak / Random MAC pada End Device
https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=483

Mengatasi Client dengan MAC Acak Part #1
https://youtu.be/9f309JNOMVc

______________________________________
Pembelian perangkat jaringan melalui:
https://citraweb.com/shop.php

Pendaftaran Training Mikrotik dari Citraweb:
https://citraweb.com/training.php

Pertanyaan mengenai detail teknis bisa diajukan melalui Menu Layanan pada https://citraweb.com/layanan.php

#MACacak #WirelessManajemenTool #MACAddress #RandomMAC #Hotspot #Wireless #HotspotMikrotik #AccessPoint #MikroTik #MikroTikTutorial #Citraweb #CitrawebSolusiTeknologi #CST
Mengatasi MAC Acak dengan HOTSPOT – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]



Mengatasi MAC Acak dengan HOTSPOT – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Related posts

20 Thoughts to “Mengatasi MAC Acak dengan HOTSPOT – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

  1. oh ea pak,ma'af mikrotik pengeluaran baru lhg sekarang setingan frekuency,sama contry udah standar ga bisa yang lain ya pak,Terima kasih

  2. tambah ilmu lagi nih. mantap pak guru

  3. Session time out, lamanya waktu online yang diberikan kepada client setelah login , setelah waktu habis client akan disconnect otomatis.
    Flag p berarti di bypass dari login page

  4. I think the Video explanation is big and doesn't deserve

  5. when the ide time Decrease it's not completely solution

  6. sesion Timeout biasanya sih dibuat untuk voucher yang durasi 4 jam, setelah mencapai waktu yang di tentukan akan disconnect otomatis, flag P (Binding dan bypass Ip/mac). Saya coba terapkan mengenai idle timeout, semoga tidak terjadi kendala dilapangan. Part 1 sudah saya terapkan mengenai SSID, kelemahannya jika 2 SSID berdekatan, 1 SSID nya mati, pengaruh ke SSID 2. terkendala juga di kualitas jaringan atau terganggu.

  7. Lalu bagaimana mas, kalo user profile nya di lock user(mac address), sedangkan si clientnya gonta ganti mac address, sehingga client tersebut tdk bs login lagi dg user yg sama di karenakan username nya sudah terlock di mac address nya, itu cara mengatasi nya bagaimana ya mas, maaf terlalu panjang, trimakasih.

  8. Idletimeout kl dibuat trll sedikit kendala dilapangan user sll logan login trs kl kwalitas sinyal g bener2 bagus…..mlah lebih kacau lagi

  9. Kalau ngandelin pengguna sulit, karena ada pengguna yg lebih smart perangkatnya timbang yg pakai, apalagi emak2. Sdh diajar tetap gak mudeng2

  10. Fungsi Session TimeOut utk membatasi lamanya user terkoneksi ke hotspot
    Flag P artinya MAC Address atau IP nya dibinding (bypass) pd menu tab Ip Binding, shg utk connect ke internet tidak perlu login via Captive Portal.

  11. Siang mas,mau tanya ini dari sebuah router OS apa ya?🙏

  12. Poin nya hanya perkecil idle timeout nya sj?

  13. Min di sekolah saya ada 40 wifi, ngga mungkin SSID disamakan dan nggak mungkin lebih 1000 user suruh rapat akbar pengumuman, apalagi isinya orang sepuh sepuh, tapi syukurlah bisa menggunakan berbasis username, saya biasanya ngasih address per mac 2 atau 3 tetapi user dikuota, itu untuk jalur umum pengguna smartphone, saya terapkan idle time out 2 menit.

    Tanpa bridge, tetapi menggunakan all port biasa, jadi membuat server hotspot per port dan setting server user diset all, biar user terdeteksi di area atau lantai mana (kayak detektif aja), selama ini sih tidak ada kendala, karena saya menerapkan sistem kontak admin secara langsung, menyediakan info kontak admin di halaman login edit script login page atau menggunakan intergram ke telegram, saat orang mau login bisa disuguhi misal : matikan mac acak, tidak tahu? Kontak admin di page login, jadi kalau error login karena mac acak tingal wa admin, silakan tunggu 2 menit lagi atau matikan mac acak, sehingga admin tak perlu nyuruh bikin rapat akbar di lapangan : Matikan mac acak ya

    Di aturan login tetep make CHAP dan Mac Cookie, sementara belum ada kendala berarti, dari sekian ribuan user itu, entah yang gagal bukan menjadi tanggung jawab admin, karena aturannya, bila tidak bisa konek lapor admin, kalau tidak lapor admin dianggap tidak ada masalah internet, sesimple itu aja Min, intinya saya pengen user nggak logan login mulu, terserah Min mau ngoceh apa saja, kalau nggak lapor, persetan lah, emang admin network itu mahadewa tahu segalanya

  14. Session Timeout itu sama kayak Billing Warnet. Benar atau tidak?

  15. Izin tanya dong, jika untuk mode vocher yang auth by mac log in. Sering terjadi user sudah di gunakan, jika pakai idle timeout, itukan otomatis harus log in ulang vocher ? Nah kalau ganti secara acak mac nya, jika pakai timeout, bisakah tidak log out / memasukan kembali kode vocher seperti pada video tutorial ? Log in by auth mac, otomatis. Atau ada metode lain ?

  16. Cukup efektif walaupun di log banyak laporannya & kerja CPU menambah, karena di atur 30detik. mengatasi penumpukan user aktif sangat bagus dan terbantu masalah mac acak di perangkat end user.

Leave a Comment