PENYESALAN Ketika Kuliah IT

PENYESALAN Ketika Kuliah IT

PENYESALAN Ketika Kuliah IT

Beberapa penyesalan yang saya rasakan ketika dulu kuliah di jurusan IT


Gabung di πŸ‘‰ https://kelasfullstack.id
Masukkan WPUMERDEKA untuk diskon 25% (sampai 11 Agustus 2023)
Masukkan MEMBERWPU untu diskon 15%


Menjadi Fullstack Web Developer
https://youtu.be/33nGS4mfFhY

Tips Belajar Coding Untuk PEMULA
https://youtu.be/A2rj60uKFyc

Tips Belajar Coding ala ATOMIC HABITS
https://youtu.be/kjz71QXT-ew


πŸ”₯ SUPPORT WPU πŸ”₯

πŸ‘• Beli Hoodie & T-Shirt di WPU Official Store πŸ‘•
https://shopee.co.id/wpustore.id

πŸ‘Ύ Gabung Server Discord WPU πŸ‘Ύ
https://discord.gg/S4rrXQU

– Traktir Pa Dhika Kopi (OVO / GoPay / Dana / LinkAja)
https://saweria.co/sandhikagalih
https://karyakarsa.com/sandhikagalih


πŸ“’ FOLLOW SOCIAL MEDIA πŸ“’
https://www.instagram.com/sandhikagalih
– tiktok.com/@sandhika.galih
https://twitter.com/sandhikagalih
https://github.com/sandhikagalih


UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG
http://www.unpas.ac.id/
http://www.if.unpas.ac.id/

terimakasih dan #janganlupatitikkoma!

@sandhikagalih
PENYESALAN Ketika Kuliah IT



PENYESALAN Ketika Kuliah IT

Related posts

30 Thoughts to “PENYESALAN Ketika Kuliah IT

  1. 1. 0:39 Tidak mencari tahu mengenai jurusan IT
    2. 2:24 Terlalu lama menjadi siswa SMA (rubah mindsetnya dari siswa ke mahasiswa)
    3. 6:05 Tidak memanfaatkan waktu dengan baik
    4. 9:05 Jago kandang (hanya mengikuti kegiatan di dalam kampus/kejuruannya saja)
    5. 16:04 Tidak serius dalam memilih tempat magang

    Nggak kerasa udah 1 semester aja sama Pak Dika 😁 (walaupun belum pernah ketemu), doain Pak besok semester 2 (Januari 2024) mau magang katanya guru2 SMK πŸ€—. Capek nggak y magang itu πŸ€”?

  2. Hahaha Terimakasih banyak pak, saya tertampar nihπŸ™πŸ”₯πŸ’―πŸ€

  3. penyesalanku kuliah santai, pas lulus kaget liat requirementnya wkwk

  4. Pak dhika, saran tempat belajar programming pak, terimakasih

  5. Buat temen-temen yang ngerasa menyesal karna belum bisa maksimalin dunia kampusnya waktu dulu, gapapa, menyesal dan mengeluh itu manusiawi, tapi alangkah baiknya kalo udh ngerasa nyesel adalah mencoba buat pilihan baru supaya kedepannya engga ngalamin penyesalan yg sama diwaktu dulu

    Semangat bro…

  6. Makasih banyak, pak Sandhika atas ilmunya.

    Saya juga mau sharing buat temen2 yang mungkin maba atau tingkat2 awal. Please banget jangan sia-sia in waktu dan kesempatan yang dateng ke kalian. Terus juga bakal sangat membantu kalian kalau kalian udah punya tujuan "mau jadi apa" semasa kuliah tingkat2 awal.

    Penting buat temen2 untuk tau kemana arah hidup temen2 sedari awal. Aku salah satu yang menurutku cukup jelas dari awal. Aku ga begitu suka programming, tapi ngambil jurusan IT karena suka main game. Alhamdulillah ttp survive sampe skripsian krn jago bahasa Inggris. Tapi aku milih path sebagai "Graphic Designer" untuk karirku.

    Di Tahun terakhir, aku tiba2 shifting career path pengen jadi programmer karena abis liat gaji programmer wkwkw. Aku bener2 berasa belajar pemrograman dari merangkak karena semasa kuliah emang ga minat. Jadi harus ngebut belajar sebelum lulus. Aku bahkan sambil ngambil program bootcamp dari perusahaan gede nyambi Magang di 2 tempat demi dapet ilmu biar pas lulus, aku punya ilmu yg cukup untuk dunia kerja.

    Terus juga jangan sia-siain kesempatan yang dateng. Misal kalian ngeliat oprec organisasi atau aslab, silahkan mendaftar. Relasi yang kalian dapat bakal bagus banget. Aku pas lg di semester akhir dapet tawaran kerja dari 3 senior di organisasi dan lab dulu.

    Another point, pastikan buat showcase kemampuan kalian ke orang2. Pastiin kalian jadi "top of the mind" ketika orang2 ngomongin 1 keahlian tertentu. Aku selalu showcase kalau aku bisa graphic design di kampus. Jadi pas orang2 di kampus butuh orang buat ngedesain, mereka bakal ngehubungin aku. Seriously… ngedesain jadi job sampingan yg bahkan bisa ngebayar kos aku tiap bulannya wkkw. Lumayan buat jajan sama bisa ngebangun personal branding temen2 juga.

    Semangat temen2 yang sedang atau akan berkuliah! 4 tahun itu ga lama.

  7. saya nyesel ga pelajarin IT dari semester awal dan berasa nyesel skrg di semester akhir saat menyusun skripsi πŸ™‚ blm bisa ngoding, blm bisa mapping peta karna peminatan saya GeoInformatika.. mau nyerah tapi tinggal selesain skripsi doang πŸ™‚ klo mau lamar kerja masih buta buat ngoding huhu

  8. Penyesalan saya, selama semester 1 dan 2 ini, saya masih belum bisa menentukan kecocokan saya terhadap it mengingat sy bukan dari background it, kiraΒ² bagaimana solusinya pak?

  9. Mas dika baru aja uploud ginian pas saya sudah Sm 8, hadeuh kurang lebih keluhannya seperti di video πŸ˜…

  10. Pengen code undangan pernikahan 😒😒

  11. Tapi Banyak Juga Pak Dosen IT Juga Gak Paham Tentang IT Sehingga Yang di Hasil kan Mahasiswa IT tapi Gak Paham IT

  12. Penyesalan saya masuk di jurusan yg salah

  13. Buset nonton resolusi 360p berasa 720p

  14. Tpi ada benernya juga sih org yg sering depan laptop akan lebih tahan lama, org yg main game suka di challenge. It itu refleksi dari semuanya. Tapi ada yg harus di tekankan ini tentang kerjaan. Harusnya mindset it adalah pekerjaan mereka harus tau resiko dari kerjaan dan ada sopnya tidak sebebas game.

  15. Pak Dika , ada ga rekomendasi belajar coding untuk anak SD secara online, anak sy kelas 5SD, dan Dia sudah terlihat punya minat di bidang IT

  16. pak sandhika galih kenapa saya kok tiba tiba dikick dari dc ya saat membaca rules?

  17. terima kasih banyak pak ilmunya πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

  18. Setelah menonton ini, saya merasa semua hal ini benar dan sekarang telah menempuh semester akhir dngan tidak ada skill yang di dalamin. Untuk yang baru menempuh kuliah IT kadang melawan malas yang paling susah dan itu juga hal yang lagi saya lawan sekarang. Semoga sukses semua yang sedang menekuni dunia IT.

  19. kata guru sekolah, kalo gabisa ngoding, nanti pas magang disuruh buat kopi.. dan waktu magang dimulai disuruh pake wordpress aja. mayan ilmu baru πŸ—Ώ

  20. Saya kuliah jurusan IT tapi ga murni IT. Tapi pendidikan., jadi jam belajarnya terpotong dengan belajar strategi pembelajaran dan pendidikan πŸ˜…

  21. Pak dosen mau tanya,Kira kira pembuatan website apa yang cocok untuk tugas akhir sekolah

  22. dru

    Yes, penyesalan saya di semester 3 ini yaitu terlalu 'bodoamat' selama 2 semester awal. Mindset masih anak SMA yang males-malesan dan 'rebel' aja. Akhirnya jadi keluar duit seharga motor, buat ngulang matkul-matkul yang dapet D dan F. Semangat temen-temen semua, terima kasih juga Pak Dhika untuk bantuan onlinenya. Semoga kita semua lancar berkarir terutama temen-temen di bidang ini. πŸ˜€

  23. selama tahun 1-2 yang saya lakukan yaitu ngulik apa saja seperti mempelajari jaringan,design, programming dsb. tahun selanjutnya saya harus memilih mana yang paling saya sukai setelah mencoba semuanya. jadi nggak ada rasa penyesalan seperti coba aja dlu belajar ini atau itu.

  24. kalau untuk kelas karyawan gimana pak

  25. Saya pernah diberi nasehat sama guru TIK saya untuk tidak mengambil Jurusan IT. Karena Ilmu IT itu sekarang bisa didapatkan dengan mudah di internet tanpa harus kuliah mahal mahal. Dan rata-rata perusahaan mencari portofolio daripada ijazah

  26. Untung dlu kuliah dlu sya waktunya teratur, senin-jumat waktunya sama. dan 80% praktek.

  27. MANTAP BANGET BANG SANDHIKA GALIH…
    πŸ™πŸ”₯
    SELALU SUKA VIDEO EDUKASI TENTANG IT DAN PENJELASAN VISEO TENTANG PEMROGRAMAN NYA…

  28. Sy sistem SKS dan sering kejadian errorπŸ˜…. Sy suka karena memacu adrenalin pak🀭

  29. Penyesalan saya mirip mirip dengan pa dhika hehe πŸ˜‚πŸ˜‚
    terutama jago kandang dan banyak membuang buang waktu nya. Kerasanya sekarang saat sudah bekerja dan berumah tangga. Saat ini pun saya banyak memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal bermanfaat seperti ngulik2 lagi coding yg diajarin kuliah dulu, apapun yg bermanfaat.

    Benar apa kata pepatah yang saya dapat dari buku, waktu lebih berharga daripada harta, karena waktu tidak bisa balik lagi.
    Untuk kawan-kawan mahasiswa yang sekarang sedang berkuliah, teruslah berproses jangan banyak protes haha ✌✌ Sukses! 😁😁

  30. Wow pikiran saya jadi lebih terbuka… Dan dapet lebih tertata dalam semua rencana yang saya buat… Terima kasih banyak pak dika atas informasinya… β€β€β€πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Leave a Comment