Berapa Duit yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Merokok?

Berapa Duit yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Merokok?

Berapa Duit yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Merokok?

Menurut Riskesdas 2013, perilaku merokok masyarakat di Indonesia tidak banyak berubah dalam lima tahun terakhir. Konsumsi rokok dan produk tembakau di Indonesia masih cenderung tinggi, padahal dengan mengonsumsi mereka akan menimbulkan masalah kesehatan. Namun tembakau adalah satu-satunya produk konsumen yang beredar legal tapi dapat mematikan jika digunakan secara terus menerus.

Indonesia disebut sebagai negara dengan konsumsi rokok terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Konsumsi tembakau di Indonesia meningkat secara bermakna, karena faktor-faktor meningkatnya pendapatan rumah tangga, pertumbuhan penduduk, rendahnya harga rokok dan mekanisasi industri kretek.

Jika dilihat rata-rata jumlah batang rokok yang dihisap oleh orang Indonesia per hari pada 2007 adalah 12 batang. Sedangkan pada tahun 2013, rata-rata jumlah batang rokok yang dihisap meningkat menjadi 12,3 batang rokok per hari. Sedangkan jumlah penduduk usia lebih dari 10 tahun di Indonesia yang setiap hari merokok pada 2013 adalah 48.400.332 jiwa.

Nah, apabila dilakukan konversi ke dalam jumlah penduduk absolut dan kemudian dilakukan penghitungan asumsi harga satu bungkus rokok isi 12 batang senilai Rp15 ribu, maka total biaya
yang dihabiskan oleh orang Indonesia untuk merokok dalam sehari adalah Rp726 miliar.

Lalu berapa duit yang dihabiskan orang Indonesia untuk merokok dalam satu bulan (30 hari) dan setahun (12 bulan/360 hari)? Total biaya yang dihabiskan orang Indonesia untuk merokok dalam satu bulan mencapai Rp21,78 triuliun (dari penjumlahan Rp726 miliar x 30 hari). Sedangkan total biaya yang dihabiskan orang Indonesia untuk merokok dalam satu tahun (360 hari) mencapai
Rp261,36 triliun.

Kalau mau dibandingkan, ternyata biaya yang dihabiskan oleh orang Indonesia untuk merokok dalam setahun (Rp261,36 triliun) dapat menutupi anggaran kesehatan dalam APBN 2019 lho (Rp123,1 triliun), dan malah masih dua kali lipat lebih banyak.

#IndonesiaBaik #Rokok #Kesehatan #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Berapa Duit yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Merokok?



Berapa Duit yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Merokok?

Related posts

One Thought to “Berapa Duit yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Merokok?

  1. waduh banyak juga ya uang buat roko yg saya keluarkanšŸ˜©

Leave a Comment