Soekarno-Hatta Menghuni Nusantara

Soekarno-Hatta Menghuni Nusantara

Soekarno-Hatta Menghuni Nusantara

Soekarno-Hatta Diabadikan Dalam Bentuk Apa Saja Ya?

Manusia Nusantara, menyimpan memori tentang nama orang-orang besar sekaligus jasanya dalam berbagai hal. Metodenya pun unik dan menarik. Hal itu menjadi wujud penghargaan, ngalap berkah serta wujud nyata merawat dan melanjutkan cita-cita pendiri bangsa.

Sebagai bangsa besar, kita memiliki ratusan pendiri, tokoh, dan pejuang bangsa. Pertanyaannya, apakah dua proklamator kemerdekaan Indonesia Ir. Soekarno dan Dr. Drs. Mohammad Hatta sudah meninggal dunia?

Secara fisik benar, namun secara rohani belum. Lihat saja, di mana-mana masih ada foto, gambar, nama Beliau. Bung Karno dan Bung Hatta seolah-olah masih “menghuni” Nusantara ini dan hidup melebihi zamannya.

Contohkan saja pada Kompleks Olah Raga dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) yang dibuat pada 8 Februari 1960 yang dijadikan pusat perhelatan beberapa kali edisi SEA Games dan dua kali Asian Games (1962 serta 2018). GBK menjadi bukti sejarah, bahwa Soekarno masih hidup di hati para olahragawan.

Nama Soekarno juga menghuni perguruan tinggi, salah satunya Universitas Bung Karno di DKI Jakarta yang didirikan tahun 1999. Ada juga banyak bangunan yang menjadi bukti jasa atau terinspirasi dari Soekarno, seperti banyak museum, gedung megah dan patung gagah yang berdiri di Jakarta.

Sedangkan nama Bung Hatta tetap hidup di beberapa gedung bersejarah seperti Istana Bung Hatta di Sumatra Barat, hingga gedung-gedung pendidkan seperti di Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta.

Kecenderungan anak-anak milenial pada media sosial harus menjadi magnet untuk mengampanyekan nasionalisme lewat aura positif para pejuangnya. Apalagi dalam psikolinguistik, dijelaskan bahasa, lagu, dan bunyi memiliki aura dan kekuatan magis. Jika lagu-lagu Soekarno sering diputar, maka akan timbul getaran positif tentang Soekarno, nasionalisme, dan akhirnya akan membentuk generasi nasionalis. Mengingat Soekarno-Hatta sangat mudah dan murah. Karena Ia masih hidup dalam macam-macam bentuk memorial masyarakat Indonesia.

#IndonesiaBaik #Kemerdekaan #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Soekarno-Hatta Menghuni Nusantara



Soekarno-Hatta Menghuni Nusantara

Related posts

Leave a Comment