[Dialog] Kepatuhan Datang, Penularan Berkurang

[Dialog] Kepatuhan Datang, Penularan Berkurang

[Dialog] Kepatuhan Datang, Penularan Berkurang

Jumlah pasien terkonfirmasi positif yang tercatat sejak kasus pertama hingga 3 Februari 2021 mencapai 1.111.671 kasus. Angka ini menunjukkan bahwa dalam upaya pencegahan perlu dilakukan sampai tingkat individu. Karenanya pencegahan dengan cara menjalankan protokol kesehatan 3M; Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak, merupakan perlindungan individu paling efektif untuk saat ini.
Data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas COVID-19) menunjukkan risiko penularan COVID-19 tanpa berperilaku 3M, bisa mencapai 100%. Dengan mencuci tangan risiko tertular turun 35%, ditambah memakai masker kain risikonya turun menjadi 45%, apabila memakai masker bedah 70%, lalu ditambah dengan menjaga jarak 1 meter menurunkan risiko hingga 85%.
Kepatuhan terhadap protokol kesehatan ini juga memiliki korelasi dengan tingkat penularan pada wilayah tempat tinggal bahkan kawasan kabupaten/kota dan provinsi. Data Satgas COVID-19 (24 Januari 2021) menunjukkan Kab/Kota yang masuk zona merah memiliki tingkat kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak/menghindari kerumunan kurang dari 60%. Sementara Kab/Kota yang masuk zona hijau memiliki tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan mencapai 91-100%.
Dalam Konferensi Pers 1 juta kasus positif COVID-19 di Indonesia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara khusus menyampaikan bahwa seluruh masyarakat harus bersama-sama lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M demi menurunkan laju penularan COVID-19.
Bisakah kita mengalahkan penularan COVID-19 dengan menjalankan protokol kesehatan? Bagaimana kita menerapkannya sehari-hari? Bisakah kita tetap berkegiatan dengan produktif dan tidak tertular oleh COVID-19? Adakah celah-celah yang harus kita waspadai?
Dialog Produktif Kabar Kamis hari ini menghadirkan

1. Ridwan Kamil – Gubernur Jawa Barat
2. Emil Dardak – Wakil Gubernur Jawa Timur
3. dr. Falla Adinda – Dokter&Tim Penanganan COVID-19

Moderator
Alfian Rahardjo – Praktisi Media
[Dialog] Kepatuhan Datang, Penularan Berkurang



[Dialog] Kepatuhan Datang, Penularan Berkurang

Related posts

Leave a Comment