Presiden Luncurkan Nilai Dasar ASN “BerAKHLAK”

Presiden Luncurkan Nilai Dasar ASN “BerAKHLAK”

Presiden Luncurkan Nilai Dasar ASN “BerAKHLAK”

Presiden RI Jokowi meluncurkan Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa”, Selasa (27/07/2021).

Tujuan peluncuran ini untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah. Adapun berAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Dengan begitu, seluruh aparatur sipil negara (ASN) harus memegang teguh nilai-nilai dasar serta mempunyai semboyan yang sama dalam melaksanakan tugasnya. Tak hanya ASN, Presiden menekankan agar para pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pegawai-pegawai yang lain juga mempunyai proposisi nilai rujukan yang sama.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menegaskan bahwa ASN harus mempunyai orientasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sebab, ASN telah dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara dalam menjalankan tugasnya. Presiden menegaskan, otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara, serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis.

#IndonesiaBaik #BerAKHLAK #ASN

—————–

Indonesiabaik.id dapat diakses melalui:
– Website : indonesiabaik.id
– Instagram : instagram.com/indonesiabaik.id
– Twitter : twitter.com/IndonesiaBaikId
– Facebook : facebook.com/IndonesiaBaikId
– YouTube : youtube.com/IndonesiaBaikID
– TikTok : www.tiktok.com/@indonesiabaik.id
– Line Official Account: @tsx0642m
– WhatsApp : (+62) 818-180-128
– E-mail : indonesiabaik@kominfo.go.id
Presiden Luncurkan Nilai Dasar ASN “BerAKHLAK”



Presiden Luncurkan Nilai Dasar ASN “BerAKHLAK”

Related posts

2 Thoughts to “Presiden Luncurkan Nilai Dasar ASN “BerAKHLAK”

  1. Bagus. 👍👍👍
    Lebih bagus lagi yang jadi model video adalah ASN Indonesia, bukan ASN negara lain.

    Tetap semangat ya. 🙏

  2. Yang disampaikan oleh bapak presiden Jokowi,sangatlah sesuai dengan nilai-nilai dasar etika publik yang tercantum dalam undang undang ASN Khususnya pada Nilai dasar etika publik point 9 yaitu Memberikan layanan kepada publik secara jujur, tanggap, cepat, tepat, akurat, berdaya guna, berhasil guna, dan santun.
    Oleh karena itu perlu ada perubahan mindset dari seluruh pejabat publik. Perubahan mindset ini merupakan reformasi birokrasi yang paling penting, setidaknya mencakup tiga aspek penting yakni:

    • Pertama, berubah dari penguasa menjadi pelayan

    • Kedua, merubah dari ’wewenang’ menjadi ’peranan’

    • Ketiga, menyadari bahwa jabatan publik adalah amanah, yang harus dipertanggung jawabkan bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Leave a Comment