Teaser “TANTANGAN KOMUNIKASI PUBLIK DEMI MEMBANGUN OPTIMISME”

Teaser “TANTANGAN KOMUNIKASI PUBLIK DEMI MEMBANGUN OPTIMISME”

Teaser “TANTANGAN KOMUNIKASI PUBLIK DEMI MEMBANGUN OPTIMISME”

Di tengah upaya Indonesia untuk menanggulangi pandemi Covid-19, hoaks menjadi salah satu gangguan yang berpotensi untuk memperlambat proses. Tidak sedikit masyarakat yang tertipu dengan info palsu maupun tidak benar. Hoaks di masa pandemi dinilai amat berbahaya.

Kominfo memfokuskan pada pembahasan rancangan awal renstra Ditjen IKP yang memiliki konsep tiga arah kebijakan utama. Pertama, Penguatan Tata Kelola Komunikasi Publik melalui penyusunan kebijakan dan regulasi bidang informasi publik. Kedua, Pengelolaan Konten Informasi Publik melalui diseminasi program pemerintah dan kampanye isu strategis kepada seluruh masyarakat, termasuk di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Kemudian yang ketiga adalah pengendalian berita bohong atau hoaks melalui kontra narasi dan penyusunan regulasi terkait hoaks.

Arah kebijakan tersebut nantinya akan mengarah pada target utama, yakni adanya kepuasan masyarakat terhadap akses dan kualitas konten tentang program pemerintah. Hal tersebut diharapkan juga dapat mendorong adanya pandangan positif terhadap kinerja pemerintah di masyarakat.

Maraknya infodemik yang berisi berita tidak benar atau hoaks dan rumor mengenai COVID-19 di tengah masyarakat dapat memperburuk situasi pandemi itu sendiri. Laju penyebaran berita hoaks itu sering terjadi karena seseorang tidak memeriksa kembali saat membagikan ke orang lain dan tidak memahami tentang dampak dari informasi itu sendiri kedepannya.

Selain itu, infodemik juga dapat berakibat fatal hingga menyebabkan korban nyawa. Fenomena itu yang sering muncul di tengah masyarakat, seperti misalnya informasi yang tidak benar mengenai salah satu obat penangkal COVID-19 yang membuat masyarakat justru merasa aman dengan adanya obat tersebut sehingga mengabaikan anjuran protokol kesehatan.

Dialog Kabar Kamis Siang di Media Center KPCPEN akan mendengarkan penjelasan mengenai arah komunikasi publik di Indonesia. Kita akan mendapatkan penjelasan dari Bpk. Usman Kansong, S.Sos, M.Si. – Dirjen IKP Kementerian Informasi dan Informatika Indonesia, Bpk. Agung Laksamana M.Sc – Ketua Umum BPP Perhimpunan Humas Indonesia. Serta Bpk. Septiaji Eko Nugroho – Ketua Presidium Mafindo dan Bpk Yosi Mokalu – Public Figure.
#KomunikasiPublik

Kanal Sosial Media Kementerian Kominfo:

Facebook: https://komin.fo/facebook (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)
Instagram: https://komin.fo/instagram (@kemenkominfo)
Twitter: https://komin.fo/twitter (@kemkominfo)
Line: @kemkominfo

#Kominfo
Teaser “TANTANGAN KOMUNIKASI PUBLIK DEMI MEMBANGUN OPTIMISME”



Teaser “TANTANGAN KOMUNIKASI PUBLIK DEMI MEMBANGUN OPTIMISME”

Related posts

Leave a Comment