DIALOG RABU UTAMA “Tren Aturan Mobilisasi Di Kala Pandemi”

DIALOG RABU UTAMA “Tren Aturan Mobilisasi Di Kala Pandemi”

DIALOG RABU UTAMA “Tren Aturan Mobilisasi Di Kala Pandemi”

Seiring dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2-4 di Jawa dan Bali, Pemerintah mengubah sejumlah aturan perjalanan. Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No.39 tahun 2021 mengatur kapasitas maksimal transportasi umum dan kendaraan sewa/rental sebesar maksimal 50 % untuk wilayah PPKM level 4, 70 % untuk wilayah PPKM level 3 dan 100% untuk wilayah PPKM level 2 dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Seluruh peraturan baru bertransportasi tersebut mewajibkan masyarakat untuk menunjukkan:
Kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama)
Hasil Tes Swab PCR H-2 sebelum keberangkatan khusus untuk moda transportasi pesawat
Hasil Tes Swab Antigen H-1 khusus untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bus, kereta api dan kapal laut.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan sejak 28 Agustus 2021 sudah diterapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk seluruh moda transportasi. Aplikasi digital PeduliLindungi membantu petugas memastikan proses validasi dokumen kesehatan di simpul transportasi secara digital, aman, cepat, mudah dan sederhana. Aplikasi PeduliLindungi juga meminimalisir kontak fisik serta aman dari pemalsuan hasil tes swab.
Pemanfaatan PeduliLindungi penting dalam penerapan perpanjangan PPKM sebagai fungsi skrining saat memasuki suatu wilayah. Platform digital dalam penerapan peraturan transportasi menjadi budaya baru bagi masyarakat untuk bertransportasi. Masyarakat perlu membiasakan diri menggunakan teknologi digital saat menggunakan moda transportasi dalam kehidupan sehari-hari.
Dialog Rabu Utama, 15 September 2021 di Media Center KPCPEN akan menjelaskan pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi dalam bertransportasi selama masa perpanjangan PPKM dari Adita Irawati – Juru Bicara Kementrian Perhubungan, Bayu Sutanto – Sekjen INACA (TBC), Anne Purba – VP Corporate Secretary KAI Commuter Line, Alvin Lie – Pengamat Transportasi
#KebijakanTransportasi

Kanal Sosial Media Kementerian Kominfo:

Facebook: https://komin.fo/facebook (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)
Instagram: https://komin.fo/instagram (@kemenkominfo)
Twitter: https://komin.fo/twitter (@kemkominfo)
Line: @kemkominfo

#Kominfo
DIALOG RABU UTAMA “Tren Aturan Mobilisasi Di Kala Pandemi”



DIALOG RABU UTAMA “Tren Aturan Mobilisasi Di Kala Pandemi”

Related posts

Leave a Comment