BENER GAK SIH? | VAKSIN NUSANTARA DIBORONG TURKI?

BENER GAK SIH? | VAKSIN NUSANTARA DIBORONG TURKI?

BENER GAK SIH? | VAKSIN NUSANTARA DIBORONG TURKI?

Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi membuat informasi mudah diakses dan didapatkan. Ribuan bahkan jutaan informasi bisa hadir setiap jam di genggaman tangan kita melalui ponsel cerdas yang terkoneksi internet. Persoalannya, berlimpahnya informasi di era banjir informasi membuat banyak orang tak dapat membedakan lagi, apakah informasi yang diterimanya benar atau tidak sehingga butuh filterisasi informasi.

Filterisasi ini penting, terutama di era pandemi Covid-19. Setiap jam kita dihadapkan oleh banyak berita hoaks atau informasi yang simpang siur. Dampak hoaks ini bukan main-main, bisa berujung maut atau keresahan sosial. Seperti misalnya soal berita bohong di Sukoharjo Jawa Tengah. Dikabarkan Bupati Sukoharjo mempersilakan warganya menggelar pesta hajatan sekaligus hiburan orkesnya. Padahal, di masa PPKM ini, tidak ada pemerintah daerah yang mengizinkan penyelenggaraan hajatan.

Berita bohong lainnya yang juga sempat viral masih terkait pandemi ialah beredarnya video mengenai Kota Prabumulih di Sumatera Selatan yang diklaim bebas dari penularan Covid-19. Nyatanya semua kabupaten/kota di provinsi itu terpapar virus ini. Ada juga berita yang ternyata mengada-ada soal Turki pesan puluhan juta Vaksin Nusantara dari Indonesia, sementara vaksin tersebut belum dirilis dan masih dalam tahap uji coba.

So, gaes dan warganet, ada baiknya kita selalu mengecek atau memfilter setiap informasi yang diterima ke situs resmi pemerintah atau situs resmi badan kesehatan, semisal itu terkait dengan pandemi Covid-19. Nah, kali ini Komika Popon akan mengecek satu persatu berita bohong di program “Bener Gak Sih” yang akan ditayangkan di kanal berikut:

1. Youtube FMB9ID_IKP
https://www.youtube.com/channel/UC0DCovQ6Gztbx2YoGu1lvGA
2. Youtube Kemkominfo TV
https://www.youtube.com/channel/UC6673kwtPekbPTJgRsTSizQ
3. Youtube Lawan Covid19 ID
https://www.youtube.com/channel/UCJQGdGN9aFRGgfagxX1VMeA
4. Youtube Tribunnews
https://www.youtube.com/channel/UCmxAIW7RDDC88EPk4ry16Kg
5. Instagram @fmb9.id
https://www.instagram.com/fmb9.id/?igshid=
6. Facebook @fmb9.id
https://www.facebook.com/FMB9.ID
7. Facebook @kemkominfo
https://www.facebook.com/Kemkominfo

#kesehatanpulih
#ekonomibangkit
#ayolawanhoaks

Kanal Sosial Media Kementerian Kominfo:

Facebook: https://komin.fo/facebook (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)
Instagram: https://komin.fo/instagram (@kemenkominfo)
Twitter: https://komin.fo/twitter (@kemkominfo)
Line: @kemkominfo

#Kominfo
BENER GAK SIH? | VAKSIN NUSANTARA DIBORONG TURKI?



BENER GAK SIH? | VAKSIN NUSANTARA DIBORONG TURKI?

Related posts

Leave a Comment