KOMINFO NEWS – Uji Coba Sistem Komunikasi Kebencanaan

KOMINFO NEWS - Uji Coba Sistem Komunikasi Kebencanaan

KOMINFO NEWS – Uji Coba Sistem Komunikasi Kebencanaan

Kementerian Komunikasi dan Informatika memfasilitasi uji coba sistem komunikasi kebencanaan dengan menggunakan frekuensi radio 700 MHz.

Uji coba layanan Public Protection and Disaster Relief (PPDR) ditujukan untuk mengetahui berbagai pilihan penanganan kebencanaan yang paling tepat untuk diterapkan di Indonesia.

Menteri Rudiantara menjelaskan, pita frekuensi radio memiliki kelebihan sehingga digunakan oleh komunitas internasional sebagai jalur komunikasi untuk mitigasi, penanganan maupun pemulihan jika terjadi bencana.

700 MHz cukup rendah dibanding pita frekuensi yang umum digunakan oleh penyelenggara telekomunikasi seluler, seperti pita 1,8 , 2,1 , atau 2,3 GHz; sehingga jangkauannya sangat luas.

Sebagai bagian dari komunitas global, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mengalokasikan pita frekuensi radio 700 MHz untuk aplikasi kebencanaan.

Uji coba PPDR di Pangandaran ini dilaksanakan selama 1 tahun sembari menunggu proses Revisi Undang-Undang Penyiaran berjalan. Menteri Kominfo juga telah mengeluarkan Keputusan Menteri sebagai dasar hukum pelaksanaan uji coba tersebut.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Benyamin Sura menyampaikan, uji coba ini bertujuan mempersiapkan frekuensi untuk perangkat telekomunikasi khusus di frekuensi 700 MHz.

Pelaksanaan uji coba akan berlangsung selama satu bulan mulai tanggal 9 April hingga 9 Mei 2019 pada kawasan Pangandaran, dengan turut melibatkan vendor penyedia perangkat yaitu Motorola, Nokia, Huawei, Hytera & Inti dengan dukungan teknis dari PT. Telkom.

Beberapa instansi yang turut berperan dalam uji coba ini antara lain BMKG, BNPB, BASARNAS, POLRI, dan pemerintah daerah yang terlibat dalam manajemen penanggulangan bencana di Indonesia.
KOMINFO NEWS – Uji Coba Sistem Komunikasi Kebencanaan



KOMINFO NEWS – Uji Coba Sistem Komunikasi Kebencanaan

Related posts

One Thought to “KOMINFO NEWS – Uji Coba Sistem Komunikasi Kebencanaan

  1. Ini solusi murah untuk pendidikan murah (TOLONG DI BACA)

    Kominfo buat dong website yang isinya semua pelajaran dari SD SMP SMA SMK sampai kuliah secara gratis. Di buat videonya mengunakan guru terbaik yang gampang di mengerti. Seperti nya ini cara murah untuk mencerdaskan kan seluruh anak Indonesia. Tinggal buat satu video bisa buat pelajaran selamanya. Kaya ruang guru lah tapi gratis. Kan udah ada infrastruktur nya. Semoga terhujut

Leave a Comment