WEBINAR NGUPING (NGOBROL URUSAN PENTING)

WEBINAR NGUPING (NGOBROL URUSAN PENTING)

WEBINAR NGUPING (NGOBROL URUSAN PENTING)

NGUPING adalah kegiatan bincang-bincang yang dilakukan secara hybrid yaitu diselenggarakan secara online (daring) dan offline (luring) dengan menghadirkan nara sumber yang dipandu oleh moderator.

Format NGUPING adalah bincang-bincang asyik dan mengalir antara narasumber dan moderator. Narasumber menyampaikan materi dalam bentuk cerita dan obrolan (materi dalam bentuk presentasi diusahakan seminimal mungkin.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan agar guru dan tenaga kependidikan menciptakan suasana pendidikan yang “bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis”. Sementara Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Pendidikan Nasional mengatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang gerak yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik, serta psikologi siswa.

Agar guru bisa mengajar dengan menyenangkan diperlukan jurus GuruMAU (Motivasi Aksi Unggul) yaitu guru yang mempunyai motivasi tinggi untuk meningkatkan kompetensinya dengan melakukan aksi-aksi yang terus menerus dengan tujuan mencapai keunggulan-keunggulan yang mulia.

Dalam khasanah Bahasa Sunda ada terminologi Motekar yang mempunyai makna kreatif, gigih dan banyak akal. Kreatif, gigih dan banyak akal merupakan bekal bagi guru mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, baik bagi murid maupun bagi guru sendiri.

Sementara itu, proses belajar mengajar pada tahun 2020 mengalami disrupsi yang luar biasa dengan adanya Pandemi Covid-19. Pandemi ini telah mengubah tatanan pembelajaran yang berdampak signifikan pada guru, siswa dan orang tua. Guru, siswa dan orang tua harus kreatif, gigih dan banyak akal agar tetap mempunyai motivasi tinggi untuk terus melaksanakan kegiatan belajar mengajar meskipun dikepung dengan berbagai kendala.

#pandi #domainid #nguping
WEBINAR NGUPING (NGOBROL URUSAN PENTING)



WEBINAR NGUPING (NGOBROL URUSAN PENTING)

Related posts

Leave a Comment