Hidden Paradise di Alam Papua

Hidden Paradise di Alam Papua

Hidden Paradise di Alam Papua

Kalau berberbicara tentang keindahan alam papua emang gaada habisnya ya. Dan tahu nggak sih? Aset terbesarnya Papua itu salah satunya ada di Taman Nasional Lorentz lho.

Apalagi taman nasional ini sudah ditetapkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara dan pada 1999 taman nasional ini diterima sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Taman Nasional Lorentz memiliki luas 2,5 juta Hektare yang terletak di 10 Kabupaten Provinsi Papua (sesuai dengan surat penunjukan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor 154/Kpts-II/1997)

Terdapat 1.200 tumbuhan berbunga, 123 spesies mamalia, 411 spesies burung, dan 150 spesies reptil dan amfibi. kebayang ga sih? seluas apa taman nasional yang satu ini.

Selain itu Taman Nasional Lorentz juga merupakan Daerah Burung Endemik atau Endemic Bird Area (EBA) dengan 45 spesies burung sebaran terbatas dan sembilan spesies burung endemik. Sudah tahu lah ya, kalau burung yang paling cantik warnanya itu berasal dari mana? pastinya dari alam Papua yang satu ini.. ya, burung cenderawasih namanya.

Namun, kekayaan sumber daya alam ini terancam mengalami gangguan ekosistem. Hmm, sangat disayangkan… Maka dari itu, kita sebagai masyarakat yang masih peduli terhadap lingkungan, menyuarakan untuk tidak memburu spesies-spesies yang terancam punah seperti burung cenderawasih ataupun yang lainnya agar permata warisan Lorentz tetap terjaga.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Papua Nomor 23 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Papua.

#IndonesiaBaik #TamanNasionalLorentz #Papua

—————–

Indonesiabaik.id dapat diakses melalui:
– Website : indonesiabaik.id
– Instagram : instagram.com/indonesiabaik.id
– Twitter : twitter.com/IndonesiaBaikId
– Facebook : facebook.com/IndonesiaBaikId
– YouTube : youtube.com/IndonesiaBaikID
– TikTok : www.tiktok.com/@indonesiabaik.id
– Line Official Account : @tsx0642m
– WhatsApp : (+62) 818-180-128
– E-mail : indonesiabaik@kominfo.go.id
Hidden Paradise di Alam Papua



Hidden Paradise di Alam Papua

Related posts

Leave a Comment