Failover Tidak Bekerja Saat Habis Masa Langganan ISP – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Failover Tidak Bekerja Saat Habis Masa Langganan ISP - MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Failover Tidak Bekerja Saat Habis Masa Langganan ISP – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Habis masa langganan ISP, Failover tidak bekerja???
Failover merupakan suatu mekanisme dimana kita memiliki 2 jalur internet, satu sebagai jalur utama dan satunya sebagai jalur backup. Ketika internet melalui jalur utama mengalami kegagalan, baik modem provider mati, ataupun jaringan provider mati maka akan di lewatkan melalui jalur backup.

Kemudian pernahkan kalian mengalami failover tidak berjalan di karenakan koneksi ICMP tetap bisa berjalan namun tidak bisa browsing, biasanya terdapat informasi website isolir.
Pada kasus ini, internet akan tetap dilewatkan melalui jalur utama, sehingga failover tidak berjalan.
Untuk mengatasi hal ini, maka kita bisa memanfaatkan fitur Netwatch pada RouterOS versi 7. Pada Netwatch versi 7 ini ada tambahan parameter “type”, yang bisa berfungsi sebagai pengganti check gateway yang terdapat pada IP Route, di dalam parameter type nantinya anda bisa menggunakan http-get, https-get, icmp, simple dan tcp-conn sebagai protocol pengecekan.

______________________________________
Artikel dan video terkait yang dapat dipelajari:

Mengatasi Failover tidak bekerja
https://citraweb.com/artikel/535/

Video Failover dengan Netwatch
https://youtu.be/1lfeg3HExa0

__________________________________
Pembelian perangkat jaringan melalui:
https://citraweb.com/shop/

Pendaftaran Training Mikrotik dari Citraweb:
https://citraweb.com/training/

Pertanyaan mengenai detail teknis bisa diajukan melalui Menu Layanan pada https://citraweb.com/layanan/

#Failover #Netwatch #MikroTik #GagalFailover #BackupConnection #JaringanWireless #KomputerJaringan #CitrawebTutorial #MikrotikTutorial #NetworkEngineer #Citraweb #CitrawebSolusiTeknologi #CST
Failover Tidak Bekerja Saat Habis Masa Langganan ISP – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]



Failover Tidak Bekerja Saat Habis Masa Langganan ISP – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Related posts

4 Thoughts to “Failover Tidak Bekerja Saat Habis Masa Langganan ISP – MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

  1. Terima kasih info nya mas e

  2. terima kasih informasinya, tutorialnya cukup jelas. kalau seperti dalam video menggunakan IP Public DNS Cloudflare dengan IP 1-1-1-1 pada Netwatch apakah DOH cloudflare yang menggunakan IP 1-1-1-1 pada mikrotik tetap berfungsi ? atau ganti ke IP pada Netwatch menjadi 1-0-0-1

    sama minta tolong pencerahan min diluar konteks video. saya ada modem dari 1 ISP yang mendukung IPv6 dan pada modem tersebut sudah menghidupkan DHCPv6 Server sehingga untuk Client bisa mendapatkan IPv6. yang saya bingungkan mikrotik saya tidak mendapatkan IPv6 dari modem (searching) terus menerus. mikrotik dalam mode bridge pada semua ethernetnya, apakah harus dikeluarkan ethernet yang mengarah pada modem tersebut. komputer yang dibelakang mikrotik dalam mode bridge tidak mendapatkan IPv6 dari modem, kalau switch masih dapat.

    mau pakai IPv6 karena dari ISP bandwitdh seperti Loss dapet speed (1.2 Gbps, dan dijam padat sekitar 300-500Mbps) dan kalau IPv4 hanya dapat 100Mbps (sesuai paket ISP).

    edit : yang dimaksud mikrotik RB450G untuk komentar diatas.

  3. Wkwkwk saya dulu bikin ini sama persis karna permasalahan yg sama, eee sekarang ada yg kontenin,, harapannya palah bukan konten tp tool tanpa scrip / program dlam settingan mikrotik itu sendiri biar tingggal pake

Leave a Comment