Atasi Dampak Karhutla dengan 3M

Atasi Dampak Karhutla dengan 3M

Atasi Dampak Karhutla dengan 3M

Kementerian Kesehatan menyampaikan tiga konsep dasar dalam mengatasi dampak karhutla yang terjadi secara masif di sejumlah provinsi di Indonesia, beberapa waktu belakangan. Pertama, mencegah.
Kedua, menghindari dan ketiga, melindungi.

Pertama, mencegah, hal ini dilakukan agar tidak ada lagi pembakaran hutan yang terjadi, perlu ketegasan Pemda yang didukung oleh penegakkan hukum dan koordinasi dan sinergi lintas sektor. Kedua, menghindari yaitu jika pencegahan gagal, dilakukan sebelum terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan asap. Dalam kaitannya dengan upaya ini, di antaranya dengan membangun ruangan aman asap terutama bagi kelompok rentan.

Ketiga yakni melindungi. Melindungi masyarakat dari paparan asap. Untuk melindungi, masyarakat diminta untuk memakai masker atau apapun jenisnya dan harus digunakan secara benar serta batasi waktu paparan kabut asap dengan cara mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Sebagaimana diketahui, asap mengandung sejumlah gas dan partikel kimia yang menggangu pernapasan seperti sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), formaldehid, akrelein, benzen, nitrogen oksida (NOx) dan ozon (O3).

Tiga konsep dasar penanggulangan karhutla untuk kesehatan ini perlu dilakukan sosialisasi secara masif.
Pasalnya, asap yang timbul akibat karhutla apabila terhirup manusia berdampak langsung pada kesehatan, khususnya gangguan saluran pernapasan. Bahkan, material asap memicu dampak buruk pada manula, bayi, dan pengidap penyakit tertentu.

#IndonesiaBaik #Karhutla #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Atasi Dampak Karhutla dengan 3M



Atasi Dampak Karhutla dengan 3M

Related posts

Leave a Comment