6 Posisi Baru untuk Usia 40 Tahun di CPNS 2019

6 Posisi Baru untuk Usia 40 Tahun di CPNS 2019

6 Posisi Baru untuk Usia 40 Tahun di CPNS 2019

Pemerintah membuka peluang bagi lulusan Strata 3 (doktoral) dengan batas usia paling tinggi 40 tahun menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk jabatan-jabatan tertentu.

Dengan pertimbangan untuk memenuhi kebutuhan jabatan tertentu, Presiden Joko Widodo pada 3 Juli 2019 telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 17 Tahun 2019. Melalui Keppres ini, pemerintah membuka peluang bagi lulusan Strata 3 (doktoral) dengan batas usia paling tinggi 40 tahun menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk jabatan-jabatan tertentu.

Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2019 menetapkan enam jabatan tertentu pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Diantaranya Dokter, Dokter Gigi, Dokter Pendidik Klinis, Dosen, Peneliti, dan Perekayasa, dengan batas usia pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) paling tinggi 40 tahun.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan, pelamar CPNS 2019 tetap mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 mengenai batas usia paling tinggi 35 tahun, serta kualifikasi
pendidikan berdasarkan peraturan yang berlaku untuk masing-masing jabatan.

Kualifikasi pendidikan bagi yang ingin daftar CPNS 2019 untuk mengisi 6 jabatan tersebut, yakni untuk Dokter dan Dokter Gigi, pelamar harus memenuhi kualifikasi pendidikan tertentu, yakni lulus sebagai Dokter Spesialis untuk Dokter, dan untuk Dokter Gigi telah lulus pendidikan Dokter Gigi Spesialis.

Sedangkan, untuk jabatan Dosen, Peneliti, dan Perekayasa, menurut Keppres ini, kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor). Usia di rentang 35-40 tahun Pendidikan minimalnya adalah dokter atau dokter gigi spesialis atau doktor.

Jika pelamar berusia maksimal 35 tahun, tidak harus memiliki Pendidikan dokter/ spesialis atau doktor (S3). Khusus untuk dosen, sesuai UU tentang Guru dan Dosen, Pendidikan minimal adalah S2 atau yang setara. Kebijakan ini diambil pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tenaga pada enam jabatan.

#IndonesiaBaik #CPNS2019 #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
6 Posisi Baru untuk Usia 40 Tahun di CPNS 2019



6 Posisi Baru untuk Usia 40 Tahun di CPNS 2019

Related posts

Leave a Comment