Tingkatkan Kualitas SDM dengan Kartu Pra Kerja

Tingkatkan Kualitas SDM dengan Kartu Pra Kerja

Tingkatkan Kualitas SDM dengan Kartu Pra Kerja

Pemerintah telah menyiapkan Kartu Pra Kerja untuk 2 juta tenaga kerja yang dipersiapkan untuk masuk pra kerja. Dengan anggaran keseluruhannya mencapai Rp10 triliun, Kartu Pra Kerja akan dilaunching 2-3 bulan mendatang.

Untuk meningkatkan akses keterampilan bagi anak-anak muda, para pencari kerja, dan mereka yang mau berganti pekerjaan, Pemerintah pada tahun 2020 akan menginisiasi program kartu Pra Kerja. Pemerintah menganggarkan Belanja Negara pada tahun anggaran 2020 sebesar Rp2.528,8 triliun, atau sekitar 14,5% dari PDB (Product Domestik Bruto).

Kartu Pra Kerja tahun 2020 akan diberikan kepada dua juta penerima manfaat. Adapun mekanisme penyaluran Kartu Pra Kerja akan dilaksanakan dalam dua bentuk, pertama: Kartu Pra Kerja akses Reguler, dengan target sasaran sebanyak 500 ribu orang. Yang kedua, Kartu Pra Kerja akses Digital dengan target sasaran 1,5 juta orang utamanya untuk kelompok usia muda (skilling dan re-skilling).

Pemanfaatan kartu pra kerja adalah untuk triple skilling untuk upskilling, re-skilling, dan juga untuk pelatihan itu sendiri. Sifat daripada pelatihan adalah menggunakan lembaga-lembaga pelatihan baik itu yang dimiliki oleh kementerian maupun yang dimiliki oleh dunia swasta. Sesuai arahan Presiden, pemerintah akan kembangkan supply dan demand dari segi kebutuhan lapangan pekerjaan.

Untuk pelaksanaan Kartu Pra Kerja ini akan dibuat semacam project management office (PMO). Sifat daripada kartu yang bermanfaat ini adalah many to many multi to multi. Pemerintah juga membuat mekanisme bagaimana melakukan tracking dan bagaimana memberikan pelatihan kepada lembaga pelatihan yang sudah dalam “diakreditasi” dan bisa dilakukan oleh masyarakat.

#IndonesiaBaik #KartuPraKerja #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Tingkatkan Kualitas SDM dengan Kartu Pra Kerja



Tingkatkan Kualitas SDM dengan Kartu Pra Kerja

Related posts

One Thought to “Tingkatkan Kualitas SDM dengan Kartu Pra Kerja

  1. Saya BLK udah pernah ikutan tpi cara mendapatkan kartu pra kerja nya gimana

Leave a Comment