Museum Penerangan, Sejarah Perjuangan Pers Indonesia

Museum Penerangan, Sejarah Perjuangan Pers Indonesia

Museum Penerangan, Sejarah Perjuangan Pers Indonesia

Pers di Indonesia telah melewati beberapa fase yang cukup “menegangkan” hingga dapat merasakan kebebasannya sekarang. Memori dan kenangan tentang perjuangan pers untuk mencari kebenaran berita seakan tersimpan apik di Museum Penerangan. Museum ini berada di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Museum ini dibangun di lingkungan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta dengan menempati area seluas 10.850 meter persegi dan luas bangunanannya 3.980 meter persegi. Pembangunan ini atas prakarsa dari Ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada tanggal 20 April 1993 oleh Presiden Soeharto. Sejarah penerangan sejak pergerakan nasional hingga sekarang dapat dilihat di museum tersebut.

Hal ini digambarkan dengan beberapa koleksi yang ada diantaranya di luar gedung berupa kendaraan yang dipakai Televisi Republik Indonesia (TVRI ) untuk siaran luar, mobil panggung penerangan, mobil unit sinerama PFN. Saat memasuki gedung lantai pertama koleksi museum yang dapat kita saksikan adalah benda-benda yang memiliki nilai sejarah informasi dan komunikasi dari film, radio, televisi, media tatap muka, media tradisional, serta perkembangan media pers dan grafika.

Sebanyak 17 patung setengah badan beberapa tokoh informasi dan komunikasi juga menjadi koleksi Museum Penerangan. Koleksi lain berupa mesin ketik huruf Jawa yang digunakan sejak tahun 1917 oleh Kraton Surakarta. Pada lantai 2 kita akan menjumpai relief sepanjang 100 meter dan lebar 1,5 meter yang menggambarkan sejarah penerangan Indonesia selama 5 periode. Tujuh diorama memberikan gambaran kegiatan penerangan. Koleksi lain berupa lukisan wajah Dr. Wahidin Soedirohusodo karya Sumidjo dengan ukuran 8 x 7 meter.

Lantai tiga berisikan tiga studio mini PFN, studio mini RRI, TVRI dan display foto transparan. Di tempat ini terdapat display peran serta masyarakat yang turut serta dalam pengembangan museum. Museum Penerangan yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo menargetkan sekitar 70.000 hingga 80.000 pengunjung selama tahun 2019.

#IndonesiaBaik #MuseumIndonesia #YangMudaSukaData

Ikuti media sosial kami

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Museum Penerangan, Sejarah Perjuangan Pers Indonesia



Museum Penerangan, Sejarah Perjuangan Pers Indonesia

Related posts

Leave a Comment