#Kominfo30Detik Media Bermartabat Pemilu Berkualitas

#Kominfo30Detik Media Bermartabat Pemilu Berkualitas

#Kominfo30Detik Media Bermartabat Pemilu Berkualitas

Kegiatan Editor’s Forum dengan tema “Media Bermartabat Untuk Pemilu Berkualitas” diselenggarakan di Hotel The Rinra, Makassar, Sulawesi Selatan, 18 September 2018.

1. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kaukus Media dan Pemilu yang bertujuan untuk mewujudkan pers yang menjadi penjaga keutuhan nasional dan menyajikan informasi yang membuka pemikiran dan menedukan masyarakat.
2. Pers dan Pemilu masing-masing memiliki esensi dan tugas fungsi yang sangat penting. Di samping itu, kedua-duanya memiliki kedudukan serta peranan yang strategis dan bahkan bisa saling menguatkan satu dengan yang lainnya. Proses Pemilu dalam rangka mencari pemimpin jangan sampai mengakibatkan masyarakat terpecah belah
3. Ajang perhelatan demokrasi (pemilu) yang bersiklus lima tahunan ini (pemilu); menggelontorkan biaya tinggi dan melibatkan sumber daya yang sangat banyak serta beragam. Jangan sampai pesta demokrasi 5 tahunan bisa merusak tantanan yang sdh kita bangun selama ini, Oleh karenanya, diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dan serius dari semua pihak termasuk insan pers, untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu.
4. Pers sebagai salah satu pilar demokrasi harus mampu memberikan peran yang mencerahkan dan mengawal pemilu secara fair. Ruang redaksi harus selalu dalam lingkaran ideal dalam pemilu, terbebas dari segala kepentingan kontestan pemilu itu sendiri. Kepentingan utama media adalah bagaimana kepentingan rakyat diperjuangkan, demokrasi dilaksanakan secara adil dan jujur.
5. Jika pers sebagai media “mainstream” telah memainkan perannya dengan baik dan bertanggung jawab, maka dapat dipastikan bahwa pemilu yang memiliki jargon Luber serta Jurdil itu akan menghasilkan para pemimpin dan pengemban amanat rakyat yang memiliki integritas dan kompetensi yang sangat memadai untuk menjalankan pemerintahan yang bersih, baik dan melayani sepenuh hati.
6. Menjaga Iklim politik yang aman, damai dan kondusif dengan semestinya menjadi prioritas semua pihak menjelang tahun 2019 di mana Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum.
7. Unsur pers nasional (pemilik media, pemimpin redaksi, wartawan, asosiasi media), mesti menyadari kekuatan media dalam menggerakkan opini dan pilihan politik masyarakat. Oleh karena itu, mutlak bagi mereka untuk senantiasa menjaga spirit independen dan imparsialitas, serta senantiasa merujuk pada Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan fungsi jurnalistiknya.
8. Partai politik, kandidat, calon legislatif, tim sukses dan simpatisan harus menghindari tindakan-tindakan agitasi dan provokasi menggunakan media massa dan media sosial yang dapat menyebabkan perpecahan masyarakat.
9. Para netizen perlu menggunakan media sosial dan media baru lainnya untuk mencari informasi, berjaringan dan berdiskusi. Namun hendaknya di saat yang sama kita tidak terseret oleh gelombang hoax dan ujaran kebencian, tidak terpengaruh olehnya dan tidak turut menyebarkannya, bersama-sama menjaga kedewasaan, kesantunan dan sikap bertanggung-jawab di media sosial.
#Kominfo30Detik Media Bermartabat Pemilu Berkualitas



#Kominfo30Detik Media Bermartabat Pemilu Berkualitas

Related posts

Leave a Comment