Indonesia Darurat Karhutla dan Kabut Asap

Indonesia Darurat Karhutla dan Kabut Asap

Indonesia Darurat Karhutla dan Kabut Asap

Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla kembali terjadi di beberapa daerah di Tanah Air. Karhutla bahkan menimbulkan kabut asap di beberapa provinsi seperti Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) menyampaikan data terbaru hingga pukul 16.00 WIB, baik di beberapa wilayah Sumatera maupun Kalimantan. Di seluruh Indonesia, berdasarkan data BNPB, ada 2.862 titik panas. Untuk wilayah Kalimantan Tengah memiliki titik api (hotspot) terbanyak, yakni 954 titik. Kemudian, disusul Kalimantan Barat 527 titik api; Sumatera Selatan 366 titik api; Jambi 222 titik api; Kalimantan Selatan 119 titik api, dan Riau 59 titik api.

Berdasarkan data terakhir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terdeteksi asap di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utaram Semenanjung Malaysia, Serawak Malaysia, dan Singapura. Adapun arah angin di Sumatera dan Kalimantan pada umumnya dari Tenggara-Barat Daya ke Barat Laut-Timur Laut.

Sementara itu, arah sebaran asap di Riau, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, menyebar ke arah Barat Laut. Adapun, sebaran asap di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara menyebar ke arah Timur Laut.

Selain itu, terdeteksi adanya transboundary haze dari Sumatera ke Selat Malaka, Singapura, dan Semenanjung Malaysia, serta dari Kalimantan Utara ke Serawak Malaysia. Transboundary Haze adalah sebaran asap di daerah perbatasan.

#IndonesiaBaik #Karhutla #YangMudaSukaData

Follow our social media

Facebook: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Instagram: https://www.facebook.com/IndonesiaBai
Twitter: https://twitter.com/indonesiabaikid

http://indonesiabaik.id/
Indonesia Darurat Karhutla dan Kabut Asap



Indonesia Darurat Karhutla dan Kabut Asap

Related posts

Leave a Comment